Cara Mengubah URL Artikel di Block Editor WordPress

Cara Mengubah URL Artikel di Block Editor WordPress - Sebenarnya sudah dari tahun 2019 tampilan dashboard WordPress ada perubahan terutama pada bagian Post dan Page. Jika pada awalnya kita sudah terbiasa dengan tampilan Classic Editor, sekarang WordPress mengubah tampilan default editornya menjadi Block Editor.

Pada awal kemunculannya, ada beberapa kesulitan beradaptasi dalam menggunakan Block Editor tersebut. Namun, dari waktu ke waktu kita dapat beradaptasi menggunakan Block Editor apalagi jika memang setiap hari kita mengaksesnya untuk menulis artikel secara rutin.

Salah satu hal yang cukup mengganggu pada awalnya kemunculan Block Editor ini adalah fitur URL yang biasanya berada di bawah judul artikel, kini tidak ada lagi di posisi yang sama. Jadi, cukup membuat kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana jika ingin mengubahnya menjadi URL yang lebih singkat dan SEO-Friendly?

Apa Itu SEO Friendly?


SEO-friendly merujuk pada suatu hal yang dirancang atau dioptimalkan sedemikian rupa sehingga memenuhi kriteria dan prinsip-prinsip yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk meningkatkan peringkat suatu halaman web dalam hasil pencariannya. Hal ini melibatkan penggunaan strategi tertentu dalam pengembangan konten dan desain situs web agar lebih mudah diindeks oleh mesin pencari dan lebih mudah dikenali relevansinya terhadap topik tertentu.

Secara default, URL yang terbentuk akan menyesuaikan dengan judul artikel yang dibuat. Jika judulnya cukup panjang, URL juga akan menjadi panjang. Untuk mengubah URL-nya sesuai dengan keinginan kita, ada beberapa langkah yang harus diikuti.

Berikut ini Cara Mengubah URL Artikel di Block Editor WordPress:

  1. Tulis dan rapikan artikelmu seperti biasanya
  2. Klik Save Draft yang berada di pojok kanan atas, dekat tombol Publish
  3. Pada Tab Post, klik pada bagian URL
  4. Kamu bisa mengubah URL-nya di kolom Permalink
  5. Klik tombol Publish, Update atau Schedule.

Nah, bagaimana? Sebenarnya cukup mudah, bukan? Hal ini pasti akan bermanfaat untuk kamu yang menyukai penggunaan Short URL dan penulisan artikel yang SEO-Friendly.

Semoga artikel Cara Mengubah URL Artikel di Block Editor WordPress ini mudah dipahami dan bermanfaat untukmu ya! Jika kamu ingin mempelajari WordPress, kamu juga bisa mempelajarinya di kursus Digital Marketing DUMET School. Kamu akan belajar cara membuat website dengan cepat dan mudah juga mendapatkan beberapa tips trik yang bermanfaat dalam pembuatan artikel maupun website.

Dan jika Kamu mengambil Kursus Digital Marketing juga mengambil semua materi kursus yang ada di dalamnya, kamu akan mempelajari SEO, Google Tag Manager, Google Ads, Landing Page, Email Marketing, Facebook dan Instagram Ads.

Langsung saja hubungi admin DUMET School untuk informasi detail mengenai kursus WordPress dan kursus Digital Marketing ini. Kami tunggu ya.

Daftar kelasnya hari ini juga
CHAT VIA WHATSAPP
Atau hubungi Kami di 0819-9366-6688
info[at]dumetschool.com
10 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat