Pengertian Google Tag Manager (GTM) Dan Apa Fungsinya

31/01/2020    Raden RA    400     Marketing

Beberapa tool yang dapat digunakan untuk tracking data, salah satunya ialah Google Tag Manager. Tool yang cukup ampuh digunakan untuk keperluan dibidang digital marketing khususnya analisis data.

Pengertian Google Tag Manager

Pengertiannya sendiri ialah alat yang digunakan untuk tracking/melacak data yang ada diwebsite, seperti klik,scrol,download button dan yang lainnya menggunakan kode.

Misalkan, Anda ingin tahu berapa orang yang mengklik button add to cart di website toko online Anda tetapi tidak membeli, Anda bisa melihat dengan menggunakan Google Tag Manager ini.

Perlu diketahui juga tool ini tidak bisa berkerja sendiri untuk melihat laporannya, Anda mesti mengintregrasikan ke Google Analytics. Jika belum tau caranya Anda bisa melihat tutorial Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya.

Untuk fungsinya sudah cukup jelas ya, untuk tracking dan anlisa data webiste Anda.

Lalu, untuk apa hasil data yang sudah ditracking?

Jika Anda sudah memasang tag analisis ini secara benar untuk melacak data diwebsite, maka Anda akan melihat laporannya di GA. Dari laporan tersebut Anda akan tau berapa yang mengklik button tersebut tetapi mereka tidak closing atau menghasilkan konversi.

Dari hasil itu bisa Anda gunakan untuk memperbaiki struktur website Anda mulai dari kata-kata yang  menarik hingga navigasi yang jelas, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman berbelanja.

Fungsi GTM lainnya ialah, jika Anda sudah pernah menggunakan iklan Google Ads, pasti sudah tidak asing dengan opsi conversions. Opsi ini hanya bisa digunakan jika Anda sudah mempunyai
kode tracking conversions sudah ada, nah disinilah alat Google ini berfungsi. Karena GTM juga dapat diintregrasikan ke Google Ads khususnya untuk retargeting atau remarketing.

Untuk caranya, akan dibahas next artikel ya :)

google tag manager adalah

Apakah Ada Hubungannya Dengan SEO ?

Google Tag Manager dan SEO bisa dibilang punya hubungan yang erat, Kursus SEO DUMET School sendiri menyediakan materi khusus yang sudah include dengan paket Kursus SEO untuk materi GTM.

Data yang kita dapatkan melalui laporan Google Analytics, nantinya akan kita gunakan untuk memonitoring kinerja website terutama SEO onpage. Tidak hanya itu dengan banyaknya kode css yang ada disitus Anda akan membuat load menjadi lebih lama. Dengan tool ini Anda bisa memindahkan semua kode tersebut dan hanya menyisakan tracking code Google Tag Manager.

Sejak diluncurkan oleh Google tahun 2013 lalu, tool ini semakin populer karna kemudahan untuk menggunakannya. Tidak perlu punya basic keahlian dibidang IT. Anda bisa menemukan banyak sekali tutorial cara menggunakan Google Tag Manager di Internet, jadi tidak ada salahnya jika ingin mencoba.

 

 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More