Trik Belajar Membuat Web Programming

24/11/2013    Arya Febiyan    8052     Artikel Bebas

Lain web design, lain pula dengan web programming. Bagi Anda yang penasaran dengan web programming dan ingin bisa membuatnya, kini ada cukup banyak referensi cara membuat web programming yang dimulai dari dasar. Pada dasarnya ada beberapa urutan membuat sebuah web programming yang wajib Anda ketahui dan pelajari terlebih dahulu, yaitu belajar membuat HTML dan juga CSS, belajar membuat PHP, belajar membuat Javascript, belajar membuat beberapa script tambahan seperti Jquery, Ajax, dll, serta  belajar membuat framework sebuah web program. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak tata urutan cara pembuatan sebuah web program sederhana berikut ini.

Step pertama dalam membuat sebuah web  program adalah membuat HTML dan CSS. HTML yang tak lain singkatan dari Hyper Text Markup Language merupakan bagian/ komponen web program yang memiliki fungsi untuk menampilkan content-content dasar sebuah web di brwoser. Sebut saja contenr yang ditampilkan oleh komponen HTML ini adalah tulisan, garis,  tema, link, dll pada sebuah web program. Namun sayangnya HTML ini hanya menampilkan content-content yang dasar saja yang memiliki tampilan yang mendasar juga. Untuk merancang sebuah web program yang baik, Anda harus menampilkan content-content dasar yang menarik. Maka dari itu sangat perlu bagi Anda untuk mempelajari CSS atau Cascading Styles Sheet. CSS ini berfungsi untuk mempercantik tampilan website yang Anda buat. Misalnya CSS ini dapat mempercantik komponen-komponen HTML website Anda  bahkan bisa membuat efek-efek mulai dari efek-efek yang masih sederhana hingga efek-efek yang terbilang keren pada tampilan website yang Anda buat. Menarik bukan? Jika Anda sudah menguasai dua bagian ini, Anda sudah pasti bisa membuat website statis yang mempunyai tampilan yang sangat menarik kelak.

Step kedua, buatlah PHP. PHP mempunyai fungsi untuk membuat website yang Anda buat tetap dinamis. Dinamis di sini maksudnya adalah agar para user website Anda memungkinkan bisa menjalin komunikasi atau dapat berinteraksi dengan pemilik atau pengelola website. Beberapa cintoh website yang mengaplikasikan komponen PHP ini adalah E-commerce, sosial network/ jejaring sosial, komunitas/ forum, dan masih banyak contoh website lainnya. Dengan menguasai pembuatan PHP ini, kemungkinan Anda juga bisa menambahkan program-program di HTML yang sudah Anda buat. Hampir sama dengan PHP, Javascript dalam website berfungsi menambah fitur untuk memudahkan para user untuk berinteraksi dengan pengelola atau pemilik website. Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama dengan PHP, namun ada beberapa bagian yang memiliki peran/ fungsi yang berbeda. Tentu saja keduanya, PHP dan Javascript, memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu kiranya penting bagi Anda untuk pelajari keduanya.

Anda sudah bisa disebut sebagai seorang web developer jika Anda sudah menguasai keempat bahasan di atas. Keempat bahasan di atas sudah bisa Anda aplikasikan untuk menciptakan sebuah website yang menarik dan baik dilihat dari segi tampilan dan fungsinya. Namun agar tampilan websiet Anda terlihat makin sempurna, Anda perlu pelajari lagi beberapa materi web programming tambahan seperti AJAX, JQUERY, dan masih banyak materi tambahan lainnya. Masing-masing akan menambah tampilan website Anda terlihat semakin cantik dan menarik. Misalnya JQUERY bisa digunakan untuk menambah efek-efek animasi yang Anda sukai pada websie yang sedang Anda buat. Framework di sini akan mempermudah pekerjaan Anda dalam membuat website. Keuntungan yang akan Anda dapat jika Anda menggunakan Framework adalah jauh lebih cepat dalam hal proses develop, kompabilitas, dan keamanan. Rata-rata web developer profesional sudah pasti menggunakan Framework. Beberapa jenis Framework yang sering digunakan oleh Web Developer antara lain ZEND PHP, Codelgniter, Panada, Kohana, Yii, dan masih ada contoh lainnya.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More