Blog Request tutorial? klik disini!

  • Bagaimana Cara Merawat Komputer Anda Dengan Baik

    Ditulis oleh: Faizal Ryza
    937 kali dibaca
    08 Dec / 2013 05:31

    Sebuah komputer yang dirawat dengan tepat akan dapat menunjukkan performa harian yang maksimal khususnya yang berhubungan erat dengan kecepatan. Komputer yang Anda rawat dengan baik akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi baik dari segi RAM maupun kecepatan akses internetnya apapun setup hardware dan konfigurasi yang Anda gunakan pada komputer Anda. Namun pasti Anda juga bertanya-tanya langkah-langkah tepat apakah yang harus dilakukan supaya Anda dapat merawat komputer kesayangan Anda dengan baik. Berikut ini kami sajikan beberapa langkah efektif untuk merawat komputer Anda. Pertama-tama, Anda bisa mulai dengan memeriksa software dan juga hard drive yang terdapat pada komputer Anda. Bersihkan seluruh sampah yang ditinggalkan oleh browser-browser yang Anda gunakan. Gunakan Disk Cleanup utility jika Anda menggunakan Wndows atau download program serupa seperti CCleaner yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

    Dan jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa komputer Anda sudah terbebas dari spyware dan virus. Gunakan AVG Anti Virus untuk menghancurkan spyware dan juga virus yang bersarang pada PC Anda. Download.com adalah satu tempat yang tepat untuk mendapatkan berbagai macam anti virus asli tetapi tentu saja tetap gratis. Jika Anda ingin komputer Anda bekerja lebih cepat lagi maka proses defragment hard drive merupakan salah satu proses yang wajib untuk dilakukan paling tidak setiap satu bulan sekali. Namun jika semakin sering dilakukan maka hasil yang dihasilkan tentu saja juga akan semakin maksimal, yang berarti komputer Anda akan bekerja lebih cepat lagi dari waktu ke waktu. Selanjutnya adalah mengenai program yang Anda miliki. Uninstall program-program yang memang tidak pernah Anda gunakan dan hapus musik-musik yang jarang Anda dengarkan.

    Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan program-program yang sering Anda pakai sebagai program start up. Semisal ada terlalu banyak program start up maka Anda disarankan untuk menghapus program-program start up yang jarang Anda gunakan. Caranya adalah dengan memakai perintah msconfig yang Anda dapat temukan lewat RUN. Dari RUN Anda akan dapat membuka satu jendela dimana Anda bisa menghilangkan tanda centang pada program-program start up yang tidak pernah Anda pakai lagi. Langkah selanjutnya untuk merawat komputer Anda adalah dengan menggunakan sistem pengaturan disk yang komputer Anda miliki. Jika Anda menggunakan Windows, pilih Performance and Maintenance dan kemudian pilih “Rearrange items on your hard diks” dan juga “Free up space on your hard disk”.

    Dan selain memastikan bahwa software dan juga hard drive pada komputer Anda berfungsi dengan baik, periksa pula hardware atau CPU dari komputer Anda secara teratur. Selalu gunakan UPS untuk melindungi komputer dari arus listrik yang tidak stabil. Komputer Anda juga kemungkinan besar akan menjadi sarang debu dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Periksa bagian dalam CPU tiap bulan jika rumah Anda banyak debu. Namun jika tidak maka Anda bisa membersihkan bagian dalam setiap beberapa bulan sekali. Gunakan lap atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada bagian bawah CPU. Selain itu Anda juga harus selalu berhati-hati ketika memasang USB, Ethernet, speakers, printer, atau segala sesuatu yang perlu dihubungkan lewat kabel port pada komputer Anda. Dan yang terakhir adalah berikan waktu istirahat yang cukup bagi CPU Anda karena ini salah satu kunci utama menjaga keawetan dan ketahanan komputer Anda. 






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155