Blog Request tutorial? klik disini!

  • Cara Menghindari Kecanduan Internet

    Ditulis oleh: Renra Iwa Sedoya
    2189 kali dibaca
    08 Dec / 2013 05:34

    Apakah Anda adalah jenis orang yang mampu menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya di depan komputer? Ternyata hal tersebut tidak hanya terjadi pada Anda karena masih banyak orang lain di luar sana yang menderita internet addiction atau kecanduan internet. Orang-orang tersebut mengalami kesulitan dalam memfokuskan perhatian mereka pada hal-hal yang ada di sekitar mereka. Lalu cara efektif apa sajakah yang bisa Anda lakukan agar bisa sembuh dari kecanduan internet atau bahkan menghindarinya secara total? Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba. Pertama-tama, Anda harus mau mengakui paling tidak pada diri Anda sendiri jika Anda mengalami internet addiction atau kecanduan internet. Anda harus mau mengerti dan menerima kondisi tersebut karena tidak ada gunanya jika Anda lari dari kenyataan tersebut. Anggap saja kecanduan jenis ini seperti kecanduan obat-obat terlarang agar Anda tidak terlalu menganggap remeh kondisi ini.

    Langkah kedua adalah dengan menyadari bahwa ada semakin banyak orang di dunia ini yang lama-lama juga akan menjadi seorang pecandu internet. Anda bukanlah satu-satunya orang yang harus berjuang melawan daya pikat internet. Jadikan ini sebagai cambuk untuk sembuh atau bahkan terhindar dari situasi ini. Jangan malah merasa malu jika memang nyatanya Anda adalah seorang pecandu internet. Temukan orang-orang yang memiliki masalah yang sama dengan Anda. Cobalah untuk saling membantu satu sama lain. Dengan dukungan lingkungan yang sehat dan komunitas yang mau saling membantu, Anda pasti bisa melawan kecanduan yang sedang Anda hadapi. Mungkin kecanduan ini bagi sebagian orang memang sesuatu yang sepele. Namun bagi banyak orang, apalagi yang memiliki akses mudah ke internet, kecanduan jenis ini memang cukup sulit untuk disembuhkan.

    Selanjutnya adalah mencari jenis kegemaran lain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan internet, video games, TV, telepon genggam, media players, dan tentu saja komputer. Yakinkan diri Anda jika kesenangan tidak selalu bisa didapat dari internet. Hobi-hobi yang bisa menjadi ganti si internet misalnya saja musik, tari, olahraga, atau Anda juga bisa bergabung dengan klub atau tim yang biasanya banyak terdapat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal Anda. Pergilah berolahraga dengan teman, misalnya saja lari atau olahraga jenis lainnya. Belajarlah untuk tidur tepat waktu agar Anda mendapat cukup waktu istirahat sehingga Anda tidak punya waktu lagi untuk memikirkan tentang internet. Selain itu masih ada banyak aktivitas menarik di sekitar tempat tinggal Anda yang bisa Anda coba misalnya konser, pertandingan olahraga, atau mungkin pemutaran film.

    Dan dengan tidak adanya internet maka sekarang tidak ada lagi hal yang menghalangi Anda untuk mengerjakan PR Anda atau akan lebih bagus lagi jika Anda mau membuka buku dan belajar. Selain belajar, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau bahkan menyiapkan makanan juga bisa menjadi satu hal yang dapat membuat Anda sibuk sehingga Anda bisa melupakan internet untuk sementara waktu. Dan bermain bersama teman akan semakin seru jika Anda tidak selalu sibuk bermain dengan telepon genggam Anda. Berkumpul bersama keluarga juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengisi waktu luang Anda tanpa kehadiran internet. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk membatasi waktu penggunaan komputer Anda karena ketika berada di depan komputer pasti godaan untuk membuka internet biasanya semakin besar.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155