Cara Mudah Seleksi Rambut di Photoshop

05/11/2020    Aulia Rahmah Alhafidz    92     Desain

Cara Mudah Seleksi Rambut di Photoshop - Desain foto bisa dilakukan di berbagai macam aplikasi editor foto. Entah itu di aplikasi smartphone atau pun aplikasi yang ada di PC. Namun, untuk hasil yang terbaik, DUMET School merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Photoshop yang bisa kamu install di PC. Hal itu karena dengan menggunakan aplikasi Photoshop, kamu bisa melihat detail foto dengan jelas (karena menggunakan layar yang berukuran lebih besar dari pada layar smartphone) dan juga memiliki lebih banyak fitur dan bisa dibilang lengkap dibandingkan dengan aplikasi editor foto yang berada di smartphone.

Nah, dalam berbagai kegiatan mengedit foto, misalnya seperti mengedit foto ktp, foto lowongan pekerjaan, foto untuk buku pernikahan, atau mungkin edit foto lainnya untuk iklan, kebutuhan social media, dan lain-lain biasanya kamu harus melakukan teknik seleksi untuk menyatukan objek 1 dengan objek lainnya.

Untuk kamu yang masih belajar Photoshop dan sudah bisa seleksi objek, biasanya akan kesulitan untuk seleksi rambut karena jika menggunakan seleksi yang biasa, hasilnya akan terlihat kaku, tidak nyata dan benar-benar terlihat seperti foto tempelan bukan?

Tapi, tenang saja! Cara seleksi rambut di Adobe Photoshop sangat mudah loh! Setelah kamu membaca ini, kamu bisa mencoba langsung dan akan merasa tertarik dengan teknik yang satu ini.

Jadi, inilah cara mudah seleksi rambut di Photoshop:

1. Buka foto yang ingin kamu seleksi rambutnya.

2. Hapus terlebih dahulu background fotonya. Kamu bisa menggunakan tutorial Cara Cepat Menghapus Background Foto dengan Photoshop agar lebih cepat yaa.

3. Jangan lupa untuk beri warna background agar perubahannya terlihat.

cara seleksi rambut photoshop

4. Pastikan kamu berada di layer mask lalu klik menu Select > Select and Mask... atau kamu juga bisa menggunakan shortcut Alt+Ctrl+R di keyboard.

cara seleksi rambut photoshop

5. Perhatikan bagian berikut ini. Klik Refine Edge Brush Tool yang berada di sebelah kiri. Klik icon Add to selection yang berada di atas.

cara seleksi rambut photoshop

6. Seleksi area yang berada di sekitar rambut (perhatikan bagian highlight merah di gambar atas) hingga dirasa sudah rapi seperti berikut.

cara seleksi rambut photoshop

7. Klik tombol OK dan selesai!

cara seleksi rambut photoshop

Bagaimana? Rambut yang diseleksi sudah terlihat lebih rapi dan enak dilihat bukan? Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu akan mengedit fotomu yang rambutnya terlihat keluar beberapa. Sangat mudah, ya? Sebagai contoh lain, DUMET School juga mencoba seleksi rambut dari foto Bae Suzy yang lainnya, seperti berikut.

cara seleksi rambut photoshop

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jangan lupa untuk subscribe YouTube DUMET School E-Learning juga agar kamu bisa dapat update tentang tutorial desain dan yang lainnya dalam bentuk video!

Klik tombol ini

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More