Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

21/01/2020    Aulia Rahmah Alhafidz    280     Marketing

Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula - Saat ini ada banyak orang yang senang membagi keseharian atau tips trik mengenai berbagai macam hal. Mereka menggunakan berbagai macam platform juga untuk membaginya. Seperti YouTube misalnya. Sekarang ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang YouTuber. Jika kita membuka YouTube, tak jarang kita melihat banyak konten seperti vlog, gaming, mistis, dan lain-lain.

Terkadang, ada beberapa orang juga yang ingin berbagi banyak hal tapi tak suka atau tak nyaman dengan konsep menggunakan video. Untuk kamu yang seperti itu, menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihan. Tidak seperti vlogger yang selalu membutuhkan video yang pastinya berisi suara dan aksi depan kamera, menjadi blogger membutuhkan tulisan dan juga gambar (jika diperlukan).

Menjadi blogger tentu tak semudah yang dibayangkan. Hanya karena tinggal "menulis", tidak membuatnya menjadi mudah. Bahkan, bisa diakui, menulis ternyata memang cukup sulit. Untuk kamu pemula yang ingin menjadi seorang blogger, DUMET School akan membagikan bagaimana Cara Menjadi Seorang Blogger.

1. Menentukan Niche Blog

Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

Niche? Apa kamu baru mendengar niche? Apa itu niche? Niche adalah topik utama yang jadi pembahasan dalam sebuah blog. Mungkin kamu pernah melihat blog yang berisi tentang kecantikan seperti review produk skincare atau kosmetik, blog yang berisi tentang travelling, blog yang berisi tentang otomotif, dan lain-lain. Nah, itu adalah niche.

Untuk menentukan niche blog kamu, kamu bisa melihat dari hobi atau suatu hal yang kamu suka. DUMET School akan membantu kamu untuk menentukan niche blog kamu ya!

  • Jika kamu suka berpergian atau jalan-jalan, kamu bisa menggunakan niche "travelling". Di dalam blog, kamu bisa membahas tentang perjalanan kamu atau pun memberikan rekomendasi tempat wisata, hotel atau hunian sementara untuk pembaca kamu yang mau berlibur.
  • Jika kamu suka dengan make-up atau dandan, kamu bisa menggunakan niche "kecantikan". Di dalam blog, kamu bisa membahas tentang review kosmetik seperti lipstik, bedak, foundation, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa memberikan tips untuk menggunakan make-up seperti cara membuat alis, membuat make-up natural, membuat make-up untuk kondangan, dan lain-lain.
  • Jika kamu suka wisata kuliner, makan atau jajan, kamu bisa menggunakan niche "kuliner". Di dalam blog, kamu bisa membahas tentang review makanan atau jajanan.
  • Jika kamu suka membuat makanan, kamu bisa menggunakan niche "memasak". Di dalam blog, kamu bisa membahas tentang resep masakan, bahan-bahan masakan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan masakan.
  • Jika kamu suka dengan kendaraan, kamu bisa menggunakan niche "otomotif". Di dalam blog, kamu bisa membahas tentang motor, mobil, mesin kendaraan, rekomendasi bengkel, dan lain-lain.

Kurang lebih seperti itu. Sudah paham ya dengan niche blog? Jadi, apa sekarang kamu sudah menentukan niche blog kamu?

2. Memilih Platform untuk Menulis Blog

Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

Platform untuk menulis blog ada banyak. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa platform. Platform yang biasa digunakan untuk menulis blog ada Blogger, WordPress, Kompasiana, Tumblr, Wix dan lain-lain.

Untuk pemula, DUMET School menyarankan untuk menggunakan Blogger atau WordPress. Kenapa? Karena tampilan dan penggunaannya sangat mudah dipahami untuk seorang pemula.

Di Blogger, kamu bisa menggunakan akun Google yang sudah kamu miliki. Karena Blogger merupakan salah satu produk Google. Penggunaan Blogger juga sangat mudah dan kamu bisa menggunakan banyak template gratis maupun berbayar yang mudah ditemukan di Internet.

Di WordPress, kamu harus daftar terlebih dahulu dan bisa menggunakan akun email apa pun. Sama seperti Blogger, tampilan dan penggunaan WordPress juga sangat mudah. WordPress sebenarnya ada 2, wordpress.com dan wordpress.org. Apa perbedannya?  Kamu bisa cek di artikel berikut ini ya. Tapi, sebagai pemula, disarankan menggunakan yang wordpress.com saja.

Terus pilih yang mana? Kamu bisa mulai dengan melihat dan membandingkan di antara 2 platform ini ya! Selamat memilih! :D

3. Terus Menulis dengan Konsisten

Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

Kalau kamu sudah menentukan niche dan platform untuk menulis blog, kamu bisa memulai untuk menulis. Untuk kamu yang memang sudah memiliki hobi menulis, hal ini akan menjadi sangat menyenangkan. Tapi, untuk kamu yang masih belajar menulis, mungkin akan menjadi sedikit membingungkan untuk merangkai katanya.

Tapi, tidak masalah! Kamu bisa terus belajar. Sebagai permulaan, kamu bisa memberikan target untuk kamu sendiri. Misalnya, dalam seminggu minimal bisa menulis 1 artikel. Nah, kalau kamu merasa sudah konsisten, kamu bisa naikan target menulismu. Yang pada awalnya hanya menulis 1 artikel jadikan 2 artikel dalam seminggu. Dan begitu seterusnya.

Tapi, bingung mau nulis apa.
Tapi, ini artikelnya jelek.
Tapi, nulisnya masih belum rapi.

Hei, tidak apa-apa. Tidak masalah. Jika kamu sudah terbiasa, menulis akan menjadi hal yang menyenangkan dan tentu akan meningkatkan teknik menulis kamu, bukan? Jadi, tetaplah konsisten untuk mengikuti target yang kamu buat.

Pada artikel berikutnya, DUMET School akan memberikan tips trik mengenai Cara Belajar Menulis untuk Blogger Pemula.

4. Mengaktifkan Google Adsense

Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu memang sudah rutin menulis dan sudah memiliki banyak pengunjung ke blog. Kamu bisa mengaktifkan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari hasil kamu melakukan blogging.

Wah, ternyata blogging juga bisa menghasilkan?

Tentu saja! Dengan mengaktifkan Google Adsense juga, dijamin kamu akan menjadi lebih semangat untuk menulis dan membuat konten yang menarik.

Anggap saja, hasil dari Google Adsense merupakan hasil dari kerja keras kamu dalam menulis. Bukankah menyenangkan jika kamu memiliki hobi menulis tapi bisa menghasilkan juga?

Nah, jadi itu adalah Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula. Bagaimana? Sangat mudah untuk diterapkan, kan? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menjadi seorang blogger ya.

Tetap semangat!

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More