Cara Belajar Menulis untuk Blogger Pemula

24/01/2020    Aulia Rahmah Alhafidz    452     Marketing

Cara Belajar Menulis untuk Blogger Pemula - Untuk kalian yang belum tahu, menulis artikel itu butuh banyak ide sama halnya dengan desain. Jika kamu bisa desain dan mencoba menulis, kamu pasti akan merasakan hal yang sama saat kamu merasa "mentok" tidak ada ide. Namun, akan menjadi sebuah keberuntungan jika kamu bisa keduanya.

Untuk kamu blogger pemula yang masih belajar menulis, kamu bisa membaca artikel Cara Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula terlebih dahulu ya. Selanjutnya, saya akan memberikan tips dan trik Cara Belajar Menulis untuk Blogger Pemula agar kamu bisa terus menghidupi blog yang sudah kamu buat.

1. Menulis Artikel Sesuai dengan Kesukaan

Menulis artikel sesuai dengan hobi atau kesukaan kamu pasti akan menjadi cara belajar menulis yang mudah. Karena pada dasarnya, pada setiap hobi pasti ada berbagai macam hal yang bisa kamu kembangkan melalui tulisan.

Sebagai contoh kamu hobi membaca buku, kamu bisa menulis artikel seputar:

  • Review Buku / Novel / Komik
  • Membahas Penulis Buku / Novel / Komik
  • Rekomendasi Buku / Novel / Komik
  • Membandingkan Cerita Novel dengan Filmnya
  • Rekomendasi Toko Buku
  • Pengalaman ke Perpusnas
  • Dan lain-lain

Atau misalnya kamu suka dengan idola, kamu bisa bisa menulis artikel seputar:

  • Tips trik untuk yang baru suka dengan idola
  • Album atau merchandise yang kamu punya
  • Room Tour dalam bentuk tulisan
  • Cerita tentang idola di variety show
  • Teori dari lagu atau Music Video idola
  • Keunikan dari idola kamu
  • Dan lain-lain

Sudah terbayang kan hal yang kamu suka apa? Dari satu kesukaan, kamu bisa menemukan bahan bahasan untuk ditulis di blog. Jadi, kamu tidak akan kehabisan ide.

2. Menulis Kembali Artikel (Rewrite)

Saat pertama kali kamu menulis untuk di-post di blog, kamu pasti akan merasa bingung atau kekurangan ide untuk menulis. Jika kamu merasa seperti itu, kamu bisa mencoba cara pertama dalam belajar menulis yaitu "Menulis Kembali Artikel" atau yang biasanya disebut rewrite.

Caranya adalah dengan melihat sebuah artikel yang misalnya menurut kamu menarik, lalu tulis kembali artikel tersebut dengan cara kamu sendiri. Jika ada kalimat membingungkan dan kamu kesulitan untuk menulisnya, kamu bisa menggunakan sinonim kata.

Jika kalian menggunakan cara ini, jangan lupa untuk menulis sumber atau referensi yang berisi link artikel yang kamu lihat ya. Jangan lupa untuk menghargai penulis yang sudah menulis artikel :)

3. Gabung Komunitas Blogger

Cara ini merupakan cara paling menyenangkan yang bisa kamu lakukan loh! Bergabung dengan komunitas blogger bisa membuat kita menjadi rajin menulis, mendapat teman sesama blogger dan tentunya kamu akan dapat banyak tips dan trik dari para blogger lainnya.

Biasanya, untuk bergabung dengan komunitas blogger, kamu harus mendaftar dulu. Caranya cukup mudah kok. Ada yang bisa melalui grup di Facebook atau form pendaftaran yang ada di website komunitas blogger.

Terus, kalau udah diterima gimana?

Karena saya bergabung di beberapa komunitas, saya akan menjelaskan beberapa hal yang biasanya ada di dalam grup komunitas blogger:

a. Note

Biasanya, di dalam grup ada banyak note atau catatan yang berisi berbagai macam hal seperti list member + link blog, tips dan trik seputar menulis dan lain-lain. Kamu bisa membaca note yang ada di grup (jika memang komunitasnya aktif di grup Facebook) atau jika ada di dalam website, biasanya catatannya berupa artikel yang ada di halaman website.

b. Koreksi Penulisan Artikel

Untuk poin ini, saya temukan di komunitas Blogger Muslimah Indonesia. Nama programnya adalah Bedah Tulisan BM. Jadi, nanti member akan menulis sekitar 2-3 paragraf di status FB dan nanti ada admin yang akan mengecek dan membahas koreksi penulisan di grup agar semua member komunitas bisa melihat dan menjadikannya pembelajaran.

Dan koreksi yang akan dibahas tidak terkesan menggurui, sehingga akan membuat kita menjadi semakin bersemangat untuk terus belajar menulis hingga tidak ada koreksi. Menarik, bukan?

Tentu saja hal ini akan sangat cocok dicoba untuk kamu yang masih belajar menulis dan membutuhkan bimbingan.

c. Share Link Artikel Member

Share link artikel member ini sangat bermanfaat untuk blogwalking karena tujuan dari share link artikel ini adalah untuk mendapatkan kunjungan dari para member komunitas dan biasanya mereka akan membaca artikel yang di-share lalu meninggalkan komentar. Kita juga bisa melakukan hal yang sama atau biasanya disebut "saling bewe".

Blogwalking ini tentu bermanfaat untuk menambah traffic pengunjung, menambah backlink dan pastinya mendapat pengetahuan karena kita juga membaca artikel orang lain. Hal ini biasanya ada semua komunitas blogger. Jadi, kamu bisa manfaatkan dengan baik.

d. Challenge

Ini adalah hal yang akan kamu sukai! Challenge ini biasanya dilakukan saat ada event tertentu. Sebagai contoh, di komunitas Blogger Muslimah Indonesia setiap bulannya ada Postingan Tematik. Dalam postingan tematik ini, kita akan membuat artikel sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Misalnya, saat Ramadhan, pastinya temanya seputar Ramadhan.

Di komunitas Blogger Perempuan, biasanya punya challenge yaitu posting artikel 30 hari berturut-turut! Nah, yang berhasil sampai 30 hari, akan dapat hadiah menarik. Kalau ikutan, pasti bakal semangat nulis kan?

Setiap komunitas biasanya punya challenge yang berbeda-beda. Dan kamu bisa ikuti salah satu atau semuanya juga boleh kalau kamu benar-benar ingin coba.

e. Lomba Menulis Artikel

Lomba Menulis Artikel ini sebenarnya akan dijelaskan lengkap di poin nomor 4. Tapi, yang akan dijelaskan di sini adalah biasanya ada lomba menulis artikel hanya untuk yang terdaftar sebagai member komunitas saja. Jadi, kalau kamu bergabung dengan komunitas blogger, pastinya kamu bisa dapat info lomba menulis artikel yang lebih eksklusif bukan? Karena yang menjadi sainganmu hanya anggota komunitas saja. Layak dicoba!

f. Kopi Darat (Kopdar)

Untuk yang belum tahu, kopdar ini merupakan pertemuan yang biasa dilakukan pengguna internet yang awal bertemunya melalu internet. Jika bergabung dengan komunitas online, biasanya kita akan mengenali beberapa orang meskipun tidak bertemu langsung.

Di kopdar ini, kita bertemu langsung dengan beberapa member komunitas dan membahas banyak hal bersama. Kopdar pun biasanya dilakukan saat ada event-event tertentu.

4. Ikut Lomba Menulis Blog

Hal ini sudah disebutkan sedikit dalam poin 3 bagian lomba menulis artikel. Jika dihitung, setiap bulannya bisa ada belasan hingga puluhan lomba menulis blog. Tapi, rasanya pasti akan sulit bukan jika harus mengikuti semua?

Jika kamu masih belajar menulis, kamu bisa kok mengikuti lomba menulis blog. Tapi, kamu harus bisa memilah lombanya ya. Kamu bisa pilih yang syarat dan ketentuannya sesuai dengan kemampuan kamu.  Dan, sebaiknya ikuti dulu lomba menulis blog yang tidak menjadikan SEO sebagai cara untuk menentukan pemenang. Biasanya disebut "semi-SEO" atau "lomba SEO".

Kamu cukup pilih lomba menulis blog yang biasa saja. Meskipun pesertanya bisa lebih banyak dari pada lomba SEO, tapi kamu bisa jadikan lomba menulis blog ini sebagai bahan untuk kamu belajar menulis.

Jadi, itulah cara belajar menulis untuk blogger pemula. Semoga bermanfaat untuk kamu yang baru akan berseluncur di dunia blogging. Tetap semangat ya!

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More