Belajar SEO Gratis Cara Belajar Cepat Tanpa Biaya dan Mentor

11/02/2020    Raden RA    60     Marketing

Belajar tidak harus bayar, selagi ada niat maka "cara apapun" bisa dilakukan yang terpenting, niat dan usaha. Jika dahulu ingin belajar mesti ke perpustakaan atau toko buku seperti Gramedia, sekarang tidak serepot itu lagi. Kita bisa belajar SEO gratis online yaitu di internet.

Jika mengikuti kursus SEO ada mentor yang membimbing, tetapi untuk bisa belajar SEO gratis sendiri di internet, Anda mesti pintar-pintar mencari materi yang banyak disediakan gratis, di Google maupun Youtube.

Bagaimana Cara Awal Belajar SEO Gratis di Internet ?

Langkah awal belajar SEO gratis yang perlu Anda cari, jika memang belum tau apa itu SEO (Search Engine Optimization), tentu dimulai dari pengertian Apa itu SEO untuk pemula. Pengertian Search Engine Optimize banyak sekali di internet, tetapi jika masih pemula sebaiknya Anda mencari yang benar-benar menjelaskan untuk orang awam. Karena banyak ditemukan pengertian yang bukannya membantu tetapi malah membingungkan pembacanya.

Pengertian SEO yang dimaksud yaitu Anda sudah bisa memahami konsep dasar SEO itu sendiri. Jika sudah memahaminya, baru Anda mulai mencari pengertian apa itu SEO on page dan off page SEO. Jangan terburu-buru untuk praktek, pahami betul-betul terlebih dahulu penjelasannya secara mendalam.

Karena terkadang SEO bukannya membuat website Anda naik ke halaman pertama tetapi malah terjun bahkan hilang dari SERP.

SEO On Page

On Page berarti di dalam, bisa diartikan on page itu optimasi di dalam website kita sendiri. Tetapi bukan berarti keberhasilan on page hanya dari kita. Contohnya pengaruh server atau hosting yang memiliki performa yang buruk, sering down sehingga pengguna jadi malas mengunjungi situs Anda lagi.

Di teknik SEO ini, Anda juga mesti paham cara dan bagaimana struktur website yang bagus bagi Google. Jadi Anda mesti tahu bagaimana web yang bagus, tidak hanya dari tampilan saja tetapi struktur di dalamnya.

Sebagai contoh untuk struktur penulisan di HTML, untuk membuat judul Anda wajib menggunakan H1 dan sub judul H2 sampai seterusnya. Jangan ada duplicate H1 atau missing H1.

Jika ini terjadi, Anda akan membuat si crawler Google bingung untuk mempelajari website Anda. Ini bisa menjadi salah satu faktor website tidak SEO friendly. Hal yang simple tetapi banyak yang tidak tau, bahkan ada yang tau tetapi mengabaikannya, jadi Anda mesti belajar SEO gratis secara teliti.

Yang tidak kalah pentingnya, bahkan menjadi yang paling utama adalah konten, apa yang terjadi jika situs Anda sudah berada di page one. Dan sudah diklik pembaca lalu melihat konten yang biasa aja? Pengguna pasti akan kecewa.

Belajar cara membuat konten yang menarik, sehingga membuat pengunjung website Anda betah berlama-lama bahkan bernavigasi ke artikel lainnya, jangan buat pengunjung kecewa, hal ini bukan hanya akan membuat persentase bounce rate tinggi, tetapi juga akan berdampak sangat buruk karena web Anda dianggap tidak berkualitas di mata Google. Jika ini terus terjadi sudah dapat dipastikan situs Anda tidak akan bertahan lama di page one.

Jadi, pastikan website Anda memiliki konten yang berkualitas, jangan malas melakukan riset keyword sebelum membuat artikel. Karena akan sia-sia Anda membuat artikel tetapi sedikit yang baca, bahkan tidak ada. Jika memang dibutuhkan Anda bisa mengikuti Kursus SEO yang mengajarkan cara riset keyword.

SEO Off Page

Jika on page didalam website, maka off page kebalikannya yaitu optimasi SEO di luar website Anda.

Apa saja optimasi off page ?

belajar seo gratis

Jika mendengar optimasi off page SEO maka langsung terbersit dipikiran tentang backlink, ya memang backlink salah satu faktor optimasi seo off page, pahami apa itu backlink dan coba praktekkan, dan lihat perubahannya position keyword Anda sebelum dan sesudah membuat backlink.

Belajar SEO Off Page tidak hanya tentang backlink, yang tidak kalah pentingnya yaitu social signal. Caranya sangat gampang semua orang juga bisa Anda hanya perlu share ke social media seperti Twitter, Facebook, Pinterest dan yang lainnya.

Tapi ingat jangan terlalu sering atau terlihat brutal, karena akan menyebabkan situs Anda di banned oleh Facebook karena di anggap spam, cara membuka web yang di banned Facebook terbilang sangat sulit, jadi lebih baik Anda menghindarinya.

Cara ini tidak hanya untuk menaikkan traffic ke website tetapi juga jadi cara ampuh branding website secara gratis, sehingga bisa perlahan menaikkan SEO Google.

Belajar SEO gratis itu banyak tersedia di Internet, asalkan Anda fokus dan tekun mencari materi, yang cukup banyak diberikan oleh para ahli SEO di Indonesia maupun pakar SEO yang ada diluar sana. Tetap Semangat !

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More