Penjelasan Apa Itu SEO Secara Sederhana Dan Bagaimana Menerapkannya

21/01/2020    Raden RA    800     Marketing

Penjelasan apa itu SEO Search Engine Optimization dilansir dari wikipedia ialah serangkaian proses yang dilakukan dengan cara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik atau kunjungan ke website.

Sebagai seorang yang awam atau baru mengenal SEO, mungkin pengertian tersebut lumayan membingungkan. Maka, di sini akan dijelaskan secara sederhana untuk SEO itu.

SEO adalah Anda mengoptimasi, membuat, menjadikan situs Anda berada di halaman pertama Google atau biasa disebut page one.

penjelasan apa itu seo

Seperti yang terlihat di gambar, bagaimana cara supaya dengan kata kunci "kue online" halaman website Anda bisa berada di page one? Maka dibutuhkanlah cara membuat SEO.

Apakah SEO Itu Sulit?

Bagi yang tidak tahu atau belum pernah mencoba memang akan terdengar sulit, tetapi optimasi itu tidak selalu sulit seperti yang dibayangkan kalau Anda mengetahui strateginya.

Persaingan di SEO itu juga punya tingkatannya, jadi tidak semua keyword yang ingin dioptimasi itu berat. Misalkan saja dengan kasus keyword "kue online".

Untuk persaingan keyword tersebut memang sangat berat, tetapi apakah Anda wajib bersaing di keyword tersebut? Jawabannya tidak. Kata kunci tersebut masih terlalu general atau umum.

Kata kunci tersebut mengartikan jika yang mencari adalah mereka yang ingin membeli atau mencari kue secara online. Apakah jika Anda ingin membeli kue yang online, akan mengetikkan "kue online" di Google?

Tentu tidak, bukan? Maka itulah ada yang dinamakan longtail keyword. Teknik SEO yang mengoptimasi kata kunci yang lebih spesifik, misalkan jika Anda ingin mencari kue cake.

Yang pencari ketikkan bisa jadi "jual kue cake online di Bogor". Kata ini lebih spesifik dan jelas. Jadi, jika Anda yang akan mengoptimasi website toko online, lebih baik atur startegi SEO untuk longtail keyword.

Karena kata kunci yang terlalu pendek, bisa jadi malah tidak menjelaskan produk yang sebenarnya Anda tawarkan. Jadi, jika Anda ingin mengatur strategi optimasi SEO toko online, alangkah baiknya riset keyword terlebih dahulu. Untuk mencari keyword yang benar-benar tertarget sesuai dengan niche Anda.


Bagaimana Cara Menerapkannya?

Pertanyaan ini masih terlalu general jika Anda ingin terjun ke dunia SEO. Lebih disarankan paling tidak sudah paham sedikit cara kerja SEO. Bagaimana supaya paham? Banyak sekali media belajar di internet.

Anda bisa mencari di YouTube, Google, Media Social atau mengikuti kursus SEO yang sudah jelas akan mengarahkan Anda dengan lebih cepat dan dengan biaya yang relatif sangat murah pula.

Anda memang disarankan terlebih dahulu paham cara kerjanya. Karena jika Anda menerapkan SEO secara salah atau asal-asalan, maka website Anda bukannya berada di page one Google. Tetapi malah bisa mundur bahkan hilang terkena sandbox.

Berapa Lama Belajar di Kursus SEO?

Jika Anda kursus SEO di DUMET School, lamanya proses belajar itu tergantung dari diri Anda sendiri. Bisa hanya dalam  1 minggu bahkan berbulan-bulan. Tetapi, jika memang Anda punya waktu. Maka hanya dalam 1 minggu Anda sudah bisa memahami SEO.

Buat yang tidak punya banyak waktu, sebenarnya DUMET School sendiri ada media pembelajaran online. Jadi Anda tidak perlu datang langsung ke kelas. 

Cukup melihat materi secara online di e-module-nya. Dan jika mengalami kendala bisa langsung ditanyakan ke instruktur atau murid lain. Karena nantinya, Anda akan bergabung dengan grup WhatsApp Premium yang anggotanya terdiri dari para instruktur, murid dan lulusan yang siap menjawab atau membantu kendala Anda.

SEO itu mudah! Yang sulit adalah karena Anda tidak memulai. Semoga bermanfaat :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More