Apa itu Link Building dan Bagaimana Cara Membuatnya

17/03/2020    Raden RA    43     Marketing

Backlink merupakan salah satu faktor SEO, maka link building salah satu strategi yang sering digunakan para mastah untuk mengoptimasi suatu situs web.

Tapi, bukan berarti Anda membuat backlink sebanyak-banyaknya. Tidak semudah itu. Anda mesti punya strategi khusus membuat backlink yang berkualitas sehingga bisa memberikan dampak/power.

Strategi baklink yang salah, bukan hanya tidak memberikan power, tetapi lebih parah lagi, Anda akan melihat di Google Analytic bagaimana traffic website menurun drastis bahkan hilang.

Kenapa? karena situs Anda diindikasi melakukan teknik black hat SEO. Teknik optimasi yang dilarang oleh G. Anda mesti siap-siap di penalti!

Dulu teknik ini masih work, tetapi Anda jangan salah. Karena si G akan terus putar otak untuk melihat para kecurangan praktisi SEO yang mencari celah dengan melakukan cara black hat. Dia akan selalu lebih pintar.

Bagaimana Cara Link Building Yang Bagus?

Link building yang baik adalah yang natural dan berkualitas, bagaimana cara supaya mendapatkan tautan yang natural dan berkualitas? SUSAH

Memang sesuatu yang berkualitas susah didapat, tetapi ini bukan hal yang mustahil. Anda bisa mendapatkannya dengan cara sederhana yaitu buat artikel yang berkualitas.

Buat website Anda sebagus mungkin, sehingga pemilik website yang lain akan memberikan Anda link secara natural tanpa diminta.

Dengan cara ini tentu Anda akan lebih sedikit mendapatkan backlink, dibanding dengan mereka melakukan teknik backlink secara brutal. Tetapi ingat yang Anda miliki adalah berkualitas.

Beberapa Teknik Backlink Yang Blackhat, private blog network (PBN), redirect 301, spam forum, spam komentar dan masih banyak yang lainnya. Cara ini memang masih work, tapi percayalah tidak akan awet. Anda mesti memikirkan strategi natural dan berkualitas untuk kedepannya.

Punya konten berkualitas merupakan aset utama, setelah memiliki 1 saja konten berkualitas, bukan berarti Anda hanya diam saja menunggu. Ditahap ini saatnya Anda mulai menjalankan teknik link building.

Cara Membuat Link Building

Apa itu Link Building

Salah satu teknik yang bisa Anda coba ialah :

Link exchange atau tukar link.

Minta kepada pemilik web lain untuk memberikan tautan kewebsite Anda, untuk melakukan tahap ini tentunya Anda sudah memiliki konten yang berkualitas, kalau tidak mustahil orang lain akan memberikan link ke situs Anda.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan di link exchange adalah cari web yang sama topiknnya dengan Anda, jika tidak maka tidak bisa dikatakan backlink yang berkualitas.

Teknik lainnya Anda bisa menggunakan strategi broken link building, strategi ini sudah sejak lama dilakukan oleh para blogger. cara broken link building juga bisa dibilang mudah. Hanya perlu sedikit usaha.

Pertama yang mesti Anda lakukan ialah mencari web orang lain, dan carilah broken link di web itu. Anda bisa mencari dengan menggunakan tool brokenlink checker.

Cari link rusak yang sesuai dengan topik apa yang sedang Anda bahas, di situs Anda. Lalu hubungi pemilik website tersebut dan tawarkan untuk menukar link yang dengan artikel berkualitas Anda.

Step-step ini bisa terjadinya tentunya jika Anda sudah memilik web yang bagus, jika situs Anda biasa saja tentu step ini tidak bisa akan bisa, Konten berkualitas memang menjadi salah satu faktor penting keberhasilan suatu website. Karena sangat mustahil Anda bisa menjalankan whitehat Search Engine Optimization tanpa konten yang berkualitas.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More