Apa Itu Backlink dan Apa Fungsinya di SEO (Search Engine Optimization)

04/02/2020    Raden RA    55     Marketing

Apa itu backlink menjadi pertanyaan umum yang sering ditanyakan blogger ataupun mereka yang ingin belajar SEO. Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia SEO tentu ini menjadi pertanyaan receh, tetapi bagi mereka yang baru terjun ke SEO dari awal, maka backlink dan apa fungsi serta kegunaannya wajib diketahui dan dipelajari.

Pengertian Apa Itu Backlink 

Apa yang dimaksud dengan backlink, Backlink adalah tautan atau link dari website lain yang masuk ke website Anda, misalkan Anda berkomentar disuatu forum dan menyisipkan link yang berupa anchor text jika diklik masuk ke website Anda. 

Atribut backlink itu terbagi menjadi beberapa bagian, disini hanya akan membahas yang umum digunakan saat optimasi SEO.

1. Atribut link Dofollow adalah permintaan untuk robot Google supaya mengikuti tautan, atau suatu perintah supaya link tersebut di index. 
2. Atribut link Nofollow adalah permintaan kepada Google untuk tidak mengikuti tautannya, atau link Nofollow merupakan kebalikan dari Dofollow

Lalu, jenis backlink mana yang bagus untuk SEO?

Memang secara pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Dofollow memberikan power, sedangkan Nofollow tidak memberikan power. Tetapi dari Google sendiri mengatakan mereka juga memperhitungkan link Nofollow.

Jadi, lebih baik jika ingin membangun backlink website yang berkualitas, kombinasikan kedua jenis atribut tautan tersebut. Karena akan sangat tidak natural jika semua backlink Anda bersifat Dofollow, Sedangkan Google lebih menyukai website atau backlink yang dibangun secara natural.


Apa Fungsi Backlink Untuk SEO (Search Engine Optimize)

membangun backlink berkualitas

Optimasi terdiri dari 2 bagian yaitu On Page dan Off Page, backlink adalah bagian dari Off Page SEO atau optimasi yang dilakukan diluar website Anda. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapat maka website Anda semakin populer dan kepopuleran website Anda akan membuat traffict situs Anda meningkat.

Kita asumsikan Anda adalah orang yang bergerak di jasa Digital Marketing, dan nama Anda sering disebut-sebut jika Anda adalah orang yang hebat di Digital Marketing, maka apa yang terjadi? mereka akan mencari atau mengikuti orang yang menyebut bahwa diri Anda orang yang hebat. 

Semakin banyak yang mengatakan bahwa Anda ahli di Digital Marketing maka sudah tentu Anda semakin Populer, kurang lebih seperti itulah konsep bagaimana backlink itu bisa menjadi tolak ukur SEO oleh Google.

Jadi, bisa disimpulkan fungsi backlink ialah salah satu cara untuk meningkatkan popularitas website supaya Google bisa melihat website Anda berkualitas,  yang perlu diingat juga untuk onpage SEO adalah content is the king, jangan sampai pengunjung sudah masuk ke website Anda tetapi mereka keluar lagi karena melihat situs Anda tidak menarik, ini bisa mejadi signal buruk situs Anda sehingga Google menganggap web Anda jelek atau tidak berkualitas.

Jika dulu backlink bisa meningkatkan page rank tetapi sekarang page rank sudah tidak bisa kita cek lagi, karena Google sudah menghapus metrix tersebut, tetapi bukan berati dihilangkan. Anda bisa melihat nilai website Anda dengan tolak ukur DA (domain authority), PA (page authority) dari MOZ atau untuk kualitas sumber backlink yang sudah ditanam, Anda bisa saja melihat metrik TF (trust flow) dan CF (citatin flow) dari Majestic. Untuk cara-caranya bisa juga didapatkan dengan mengikuti kursus SEO.

Tips Cara mendapatkan backlink ada banyak cara dari backlink gratis berkualitas sampai yang berbayar, berikut beberapa jenis backlink yang bisa Anda coba :

1. Blog Comment

blogcomment backlink anchor text

Jenis backlink gratis berkualitas yang paling mudah didapatkan adalah blog comment, tetapi usahakan Anda memberikan komentar yang sesuai topik atau website tempat berkomentar masih relevance dengan situs Anda (jangan spam komen)

2. Centextual Link

Cara mendapatkan Backlink ini cukup gampang, Anda hanya perlu membuat atau mendaftar di CMS (content management system) yang gratisan seperti blogspot,WordPress,Wix dan lainnya.

3. Social Media

Di social media seperti instagram,twitter dan facebook Anda bisa menaruh tautan, jika di Instagram Anda hanya dapat menyisipikan link di bio, sedangkan di Facebook bisa share link website Anda, tetapi usahakan senatural mungkin jika tidak situs Anda bisa di banned oleh FB.

4. Guestbook Tautan

Hampir sama seperi blogcomment, guestbook yang artinya buku tamu terdapat dibeberapa situs yang memang menyediakan guestbook dimana Anda bisa meninggalkan alamat email dan juga alamat url situs Anda.

5. Content Placement

Biasa juga disebut dengan SEO placement, teknik ini bisa terjadi karena sudah ada kesepakatan oleh kedua belah pihak content placement ialah suatu konten yang dirancang khusus untuk mengoptimasi suatu website dengan cara menanamkan backlink. Content Placement biasanya jenis backlink yang berbayar, untuk harga content placement bisa diukur dari metrik DA PA.

Cara mendapatkan backlink lainnya ialah social bookmark, link profile, blogroll backling, document sharing,image sharing dll atau Anda juga bisa memperhitungkan untuk mendapatkan backlink dengan menggunakan jasa backlink.

Sebaiknya dalam membangun backlink bagi yang baru belajar SEO, jangan terburu-buru atau terlalu berambisi membangun backlink. Sehingga  tautan yang dibangun terlihat tidak natural oleh Google Search, serta perhitungkan backlink website berkualitas jangan sampai backlink tersebut malah merusak website Anda.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More