Blog Request tutorial? klik disini!

  • Tips Rintis Bisnis Online

    Ditulis oleh: Renra Iwa Sedoya
    922 kali dibaca
    23 Nov / 2013 23:58

    Bisnis online memang saat ini sedang populer. Buktinya banyak pelaku bisnis yang kini merambah bisnisnya ke bisnis yang berbasis online. Keuntungan/ profit yang didapatkan dari bisnis online ini memang sangat menggiurkan. Hanya dalam waktu yang relatif singkat saja, pemilik bisnis online diperkirakan dapat mengeruk keuntungan yang jumlahnya tak sedikit. Selain keuntungan berupa profit yang melimpah, ada cukup banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh pemilik bisnis online. Pengguna intenet yang semakin banyak menambah peluang bagi para pemilik bisnis online untuk bisa semakin luas mengembangkan bisnis online-nya. Salah satu keuntungan berbisnis online yang paling nyata dan dirasakan oleh pemilik bisnis online adalah fleksbilitas yang sangat besar baik fleksibiltas waktu dan tempat terjadinya transaksi online. Hal ini menunjukan bahwa tak ada lagi alasan bagi seseorang untuk ragu untuk merintis sebuah bisnis online.  Bagi pemula seperti Anda, merintis/ memulai bisnis online sangat mudah. Bahkan Anda dapat memulainya tanpa harus berhenti dari pekerjaan utama Anda. Sistem operasionalnya yang mudah dan simpel menjadikan bisnis online ini banyak dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi sejumlah pemiliknya. Lantas trik atau tips apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis online? Berikut jawabannya.

    Tips yang pertama yaitu lupakan dulu seputar pembuatan web/situs bisnis online yang akan Anda jalani. Banyak orang yang salah seputar taktik mendirikan sebuah bisnis online. Pada saat akan memulai bisnis online, sebagian besar dari mereka sibuk memikirkan bagaimana cara membuat situs atau web bisnis online-nya terlebih dahulu. Padahal butuh waktu dan dana yang cukup banyak untuk membuat website khusus untuk bisnis online. Anda  bisa manfaatkan blog Anda sebagai media pengganti web/ situs untuk kepentingan promosi bisnis online yang akan Anda jalani. Bila Anda belum memiliki blog, Anda bisa membuatnya segera. Proses membuat sebuah blog jauh lebih mudah, murah, dan cepat. Bahkan ada juga pembuatan blog yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

    Tips yang kedua yaitu pastikan bahwa bisnis online Anda adalah bisnis yang legal. Legalitas sebuah bisnis bisa dapat dari adanya surat keterangan izin yang bisa Anda ajukan pada pihak instansi pemerintah yang terkait dengan urusan bisnis dan dagang. Tips yang ketiga adalah pemilihan produk yang memiliki prospek keuntungan yang bagus. Poin yang satu ini sangat penting bagi semua orang yang ingin memulai bisnis online seperti Anda. Pikirkan produk yang akan Anda jual serta dapat menghasilkan profit yang banyak. Untuk mengetahui jenis produk yang berdaya jual tinggi, Anda bisa melakukan observasi, analisa, tes, dan menyimpulkan apa-apa yang sudah Anda dapatkan. Observasi perlu dilakukan untuk mengetahui jenis produk yang saat ini sedang menjadi tren bagi masyarakat.  Tips ketiga yang tak kalah pentingnya yaitu cari grosir yang tepat. Setelah sudah menemukan jenis produk yang akan dijual di bisnis online Anda, kini tugas Anda adalah mencari grosiran yang sesuai dengan harga jual produk Anda nantinya. Grosir/ supplier ini akan memgakomodir kebutuhan bisnis online Anda. Ada beberapa referensi untuk mendapatkan supplier bisnis online Anda, diantaranya adalah melalui trade magazine, trade show, dan thomasregister.com.

    Tips keempat yaitu mulai hadirkan bisnis online Anda dan mulai datangkan konsumen Anda. Cara menghadirkan bisnis online yang mudah dan cepat sudah pasti harus melalui website. Namun jika Anda belum memiliki website atau website Anda belum siap beroperasi, Anda bisa memanfaatkan layanan penyewaan ebay store perbulannya. Anda kemudian bisa set up ebay store yang Anda sewa dalam waktu singkat dan e store/ online shop Anda siap Anda operasikan. Tugas terakhir Anda kemudian yaitu meningkatkan traffic e-store Anda dengan cara ikut serta menjadi salah satu peserta iklan gratis di internet atau bisa melalui business cards.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155