Blog Request tutorial? klik disini!

  • Bagaimana Cara Membuat Website

    Ditulis oleh: Arya Febiyan
    1004 kali dibaca
    08 Dec / 2013 05:29

    Membuat sebuah website tentu saja merupakan cara yang bagus untuk berbagi ide dan pemikiran dengan orang lain. Namun jika Anda belum pernah sama sekali membuat satu website pun, hal tersebut akan menjadi sesuatu yang cukup menakutkan. Akan ada banyak istilah yang mungkin Anda tidak akan paham seperti http, HTML, tag, dan lain sebagainya. Tapi jangan takut karena kami akan membantu Anda belajar secara perlahan. Pertama-tama tentu saja Anda harus belajar dasar-dasar HTML terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa langsung mulai memilih theme yang akan Anda gunakan untuk website Anda. Pilih satu topik yang memang benar-benar Anda suka. Anda bisa saja membuat satu blog atau website yang memang dibuat dan didedikasikan khusus entah itu untuk band favorit atau mungkin keluarga tercinta Anda. Bukankah akan sangat menyenangkan jika Anda memiliki satu blog dimana Anda dapat memposting segala sesuatu tentang keluarga Anda?

    Langkah kedua adalah dengan merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Anda bisa menggambar satu flow chart dan mulai merencanakan berbagai macam halaman-halaman blog atau website yang ingin Anda rancang. Misalnya saja Anda ingin membuat satu blog untuk keluarga Anda maka Anda bisa memulai rencana Anda dari home page yang kemudian bisa dilanjutkan ke satu halaman yang khusus untuk Anda, contohnya saja dengan topik mayoritas seperti berkebun, sosial, dan lain sebagainya. Halaman khusus untuk suami dan anak-anak bisa juga dirancang secara khusus dengan mayoritas topik misalnya saja sports dan otomotif untuk suami atau game dan proyek sekolah untuk anak Anda. Langkah selanjutnya adalah merealisasikan segala rancangan yang telah Anda persiapkan. Anda dapat membuatnya sendiri atau mungkin menggunakan salah satu hosting site yang Anda percaya jika tidak ingin terlalu repot.

    Jangan lupa untuk membekali diri dengan pengetahuan tentang HTML jika Anda ingin membuat sebuah website dari nol. Belajar HTML memang lumayan sulit namun jika Anda tekun dalam belajar maka HTML akan menjadi satu hal yang mudah untuk dipelajari. Jika Anda ingin lebih mahir dalam hal ini maka tidak ada salahnya untuk belajar lebih banyak hal lagi seperti CSS, XHTML, HTML5, bahasa scripting untuk klien (JavaScript), bahasa scripting untuk server (PHP, ASP, dll.), AJAX, dan sebagainya. Namun jika Anda tidak mampu maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa web designer profesional. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan nama domain Anda.  Setelah melewati proses tersebut, web atau blog Anda sudah selesai 100%.

    Namun sebelum online atau memposting sesuatu di website atau blog, Anda harus melakukan test drive terhadap web atau blog Anda tersebut. Ada beberapa jenis software yang akan membantu Anda dalam melakukan test drive tanpa harus online terlebih dahulu. Setelah Anda yakin bahwa web atau blog Anda bisa digunakan, pilih satu web hosting yang Anda percaya. Dan sekarang web Anda sudah bisa digunakan untuk posting secara online. Namun demikian, Anda sebagai pemilik website juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti menentukan gol, mengetahui pasar yang ingin Anda jadikan sebagai target, membuat konsep yang lebih spesifik atau khusus, mencari tahu tentang keyword yang sering dicari lewat beberapa mesin pencari populer, mengiklankan, dan yang terakhir adalah menyediakan tidak hanya isi tapi juga pelayanan atau servis dengan kualitas unggulan.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155