Tips Mempercepat Kinerja Modem

08/12/2013    Faizal Ryza    1302     Artikel Bebas

Saat ini koneksi internet yang cepat selalu dibutuhkan oleh semua orang. Semua orang akan bisa membuka semua situs atau tautan dengan waktu yang sangat singkat jika mereka menggunakan modem dengan koneksi internet yang cepat juga. Banyak sekali jenis modem yang anda bisa temukan dan tentu saja kecepatan setiap modemnya berbeda-beda. Anda harus memilih modem yang tentunya sesuai dengan kebutuhan anda. Bagi seorang yang selalu bekerja  dengan internet, sebuah hal yang mutlak untuk mempunyai modem yang sangat cepat. Banyak orang yang merasa kecewa karena koneks yang diberikan oleh modem mereka tidak sekencang yang ditawarkan di iklan. Anda sebenarnya sangat bisa menyiasatinya.

Ada banyak orang yang bersedia berbagi tips dan trik bagaimana cara menambah kecepatan modem anda. Ternyata kecepatan pada modem itu sangat bisa disesuaikan dengan kemauan kita dengan cara merubah setting pada Windowsnya. Banyak juga sekarang software-software yang digunakan untuk mempercepat kerja modem. Anda tidak akan pernah rugi jika anda tahu bagaimana cara membuat modem anda lebih cepat dengan cara manual dan tanpa harus membayar mahal software pemercepat modem. Ada tiga cara yang bisa anda lakukan. Sebaiknya anda mencermatinya secara baik-baik agar anda benar-benar bisa mendapatkan apa yang anda mau.

Cara mempercepat modem yang pertama adalah dengan melakukan langkah-langlah dibawah ini:

  1. Anda bisa mencari Control Panel di Komputer anda. Setiap sistem operasi tentu saja mempunyai letak Control Panel yang berbeda-beda. Setelah anda menemukan Control Panel, anda harus memilih ikon Modem
  2. Anda akan menemukan sebuah kotak dialog tentang Modem Properties. Anda memilih modem yang akan anda rubah setting-nya. Anda bisa dengan mudah merubah settingnya dengan cara menekan klik pada Properties.
  3. Anda lalu harus menuju ke Tab General dan disini anda harus mengubah kecepatan maksimalnya menjadi 115200.
  4. Anda kemudian bisa melanjutkan ke Tab Connection. Di tempat ini anda harus klik pada Port Setting di bagian atas kotak.
  5. Setelah selesai dengan bagian di atas, anda bisa memberikan tanda check pada kata “Use FIFO Buffer”. Anda juga harus segera mengganti Receive Buffernya menjadi 14 dan juga Transmit Buffer menjadi 16. Setelah semua selesai, anda jangan lupa menekan OK pada kotak yang disediakan.
  6. Langkah selanjutnya anda, harus menekan klik Advance dan juga memberikan tanda check pada “Use Flow Control”. Anda juga harus memilih radio button hardware dan juga mengisikan Extra Setting dengan kode ini &C1&D2E1Q0V1X4%C0 S7=55 S11=55 S0=0.


Langkah untuk mempercepat modem dengan cara yang pertama sudah selesai anda lakukan.

Cara Kedua bisa dilakukan jika dirasa cara yang pertama membuat anda menjadi bingung. Anda bisa melakukan cara yang kedua dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda bisa menuju ke Control Panel lalu klik pada ikon System
  2. Anda juga harus pindah ke bagian Device Manager
  3. Setelah itu anda harus menuju ke bagian COM dan LPT di kotak Ports. Anda harus memilih Port yang aman untuk modem anda dan kemudian klik pada propertiesnya.
  4. Setelah itu semua selesai, anda bisa pindah lagi ke Port Setting.
  5. Jangan lupa menggubah Bits per second dengan nomo 921600.


Cara ketiga mungkin lebih singkat dan mudah. Anda hanya harus membuka file system yang ada di C:Windows dan kemudian ketikkan COM1Buffer=16384. Selain itu anda juga harus mengubah COM1 untuk modem anda. Ketiga cara tersebut bisa anda pilih sesuka hati anda dan yang paling mudah untuk dilakukan. Semoga berhasil.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More