Wrap Text pada Adobe Indesign

22/03/2017    Raditya Noveraldo    3297     Desain

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi atau software besutan Adobe yang berguna untuk layouting dan pengaturan text yang lengkap ini yaitu Adobe InDesign. Banyak fitur didalamnya yang mungkin masih banyak para designer muda belum mengetahui apalagi untuk yang awam.

 

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah penjelasan tentang fitur yang ada pada Adobe InDesign yaitu Wrap Text pada Adobe Indesign secara mudah dan lengkap. Berikut penjelasannya hanya di dumetschool.com saja :

 

Wrap text adalah fitur untuk membuat text menghindar ataupun mengelilingi object maupun foto pada Adobe Indesign, sehingga akan membuat tampilan dari design yang kita buat  menjadi lebih menarik dan enak dilihat.

 

Perlu yang kalian ketahui adalah yang diberi fitur Wrap text ini nanti bukan frame textnya tapi object atau fotonya. Berikut adalah cara untuk menggunakan Wrap Text pada Adobe Indesign dengan cepat dan mudah :

 

Pertama tama kalian buatlah terlebih dahulu sebuah file yang sudah berisikan text dan letakan sebuah gambar diatasnya. Perhatikan gambar :

Wrap Text pada Adobe Indesign

Pada gambar diatas terlihat fotonya menutupi text sehingga ada beberapa text yang tak terbaca oleh karena itu perlu ditambahkannya Text Wrap pada object foto tersebut caranya dengan memunculkan Text Wrapnya yait klik menu Windows > Text Wrap atau dengan shortcut Ctrl + Alt + W maka akan tampil windows sebagai berikut :

Wrap Text pada Adobe Indesign

Perhatikan sekali lagi pada Windows Text Wrap tersebut terdapat beberapa option seperti pemilihan bentuk text wrapnya, ukuran text wrapnya hingga optionya. Akan saya jelaskan satu persatu kepada kalian agar kalian mudah mengerti :

Text Wrap panel :

  • No Text Warp : keadaan default tanpa ada text wrap pada foto maupun object
  • Wrap Around Bounding Box : membuat sebuah wrap berbentuk kotak apapun bentuk dari frame foto atau objectnya.
  • Wrap Around Object Shape : membuat sebuah wrap yang berbentuk sama persis mengelilingi dari bentuk frame fotonya atau objectnya.
  • Jump Object : membuat sebuah wrap yang berbentuk persegi panjang yang akan membuat text menghindar dari bagian kiri dan kanan object sampai sukuran kertas.
  • Jump to Nect Column : seperti Jump Object, tapi yang satu ini selain membuat kiri kanan kosong tapi juga bawahnya sampa seukuran text framenya.

 

Tinggal sesuaikan kebutuhan kalian dari pilihan diatas, pada contoh saya akan menggunakan Wrap Around Object Shape sehingga hasilnya akan seperti berikut ini :

Wrap Text pada Adobe Indesign

Semoga materi tentang Adobe InDesign yaitu Wrap Text pada Adobe Indesign secara mudah dan lengkap ini dapat membantu kalian. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selmat mencoba, terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More