Untuk apa belajar slicing?

Hai teman-teman dumet school!

Ada salah satu murid DumetSchool yang menanyakan untuk apa sih belajar Photoshop Web Design? Kan photoshop sudah jelas digunakan untuk membuat icon, banner, gambar ilustrasi dll.?

Untuk apa belajar Photoshop Web Design?

Selain untuk membuat berbagai gambar pendukung tampilan web, Photoshop Web Design juga merupakan salah satu cara untuk mempermudah konversi dari Design tampilan berupa gambar menjadi tampilan berupa HTML CSS.

Maksudnya bagaimana ya? Kurang jelas.

Oke, kita mengenal dulu istilah slicing itu apa. Slicing adalah kegiatan memiliki tujuan untuk mengkonversi tampilan design web berupa gambar menjadi bagian-bagian yang kecil. Bagian bagian yang kecil ini adalah bagian-bagian yang tidak bisa dimunculkan menggunakan HTML ataupun CSS. Dengan demikian saat akan membuat tampilan versi HTML cukup tinggal memanggil gambarnya saja.

Selain untuk memotong tampilan gambar menjadi lebih kecil proses slicing juga memiliki keuntungan lain. Apa itu? Kita bisa mengurangi bandwith website yang kita gunakan.

Misal Website A menggunakan gambar yang lebar namun memiliki pola yang sama. Bandwidth bulanannya tersedot cukup banyak hanya untuk menampilkan background tersebut. Padahal jika dipotong-potong maka tampilan web akan tetap sama namun dengan kecepatan yang lebih baik dan bandwidth transfer file website-nya menjadi lebih sedikit.

Berikut ini contoh Gambar 1 yang belum di slicing

Setelah diamati polanya maka sebenarnya memiliki pola yang sama seperti Gambar 2 dibawah ini

Coba sekarang teman-teman bayangkan, jika web A menggunakan Gambar 1 yang full 100% dibandingkan dengan saat Web A menggunakan Gambar 2 berupa potongan kecil yang diulang-ulang. Akan lebih lebih cepat mana loading-nya? Tentunya yang menggunakan potongan kecil.

Apalagi juka dibuka dari Smartphone, akan terasa sekali efeknya. Semoga bermanfaat ya teman-teman smiley

7 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat