Trap Preset di Adobe Indesign

21/09/2016    Agustinus    1482     Website

Trap atau Trapping adalah suatu istilah yang digunakan untuk menghindari atau meminimalisasi pergeseran warna cetak yang menumpuk (miss register). Kebanyakan digunakan pada logo, atau tulisan yang menumpuk pada obyek yang kontras, atau penggunaan warna-warna solid (special color). Setelah diberi Trapping, biasanya terlihat seperti ada outline. Besarnya Trapping berkisar 0.2mm – 0.5mm, bergantung bahan cetak dan jenis cetakan. Cetak dengan kuantiti sedikit mungkin tidak begitu masalah, tapi bagaimana jika cetakan dalam jumlah ribuan atau bahkan jutaan, tentu resiko miss register sangat mungkin terjadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Trap Preset di Adobe Indesign

Nah kalian dapat meminimalisirkan miss register dengan traping salah satu pada Adobe InDesign. Berikut adalah cara untuk Trapping pada Adobe InDesign.

Pertama-tama bukalah file indesign kalian kemudian munculkan window Trap dengan cara klik Window > Output > Trap Preset dan Double Klik pada [Default] maka akan muncul windows seperti berikut:

Trap Preset di Adobe Indesign

Kita perhatikan didalam windows tersebut terdapat 4 option yang paling mencolok antara lain seperti Trap Width, Trap Appearance, Images dan Trap Threshold. Saya akan menjelaskan satu-satu:

Trap Width: merupakan nilai-nilai seperti default yang menentukan lebar perangkap untuk tinta. Nilai untuk hitam ini untuk tinta warna Hitam saja yang digunakan dalam File tersebut.

Images: Mengontrol bagaimana InDesign menangani Trapping antara elemen pada halaman dokumen dan setiap gambar yand dimasukan di atasnya. Gunakan daftar drop-down Penempatan perangkap untuk menentukan bagaimana gambar di Trap pada halaman.

Trap Appearance: Lakukan beberapa fine-tuning dan ubah agar sudut poin muncul di Trapping. Pilih cara titik sudut muncul dengan menggunakan daftar drop-down Join Style; pilih bagaimana titik akhir muncul dengan menggunakan daftar drop-down End Style.

Trap Threshold: Mengontrol bagaimana Trap di InDesign pada daerah antara dua warna dalam dokumen. Anda dapat mengontrol apakah Trapping dua objek warna yang sama.

Sebenarnya Trap Preset secara default sudah ada dan kalian dapat membuat yang baru ataupun mengedit yang sudah ada, namun untuk angka-angka untuk dimasukan pada field-field yang ada kalian memang harus terbiasa dulu dalam dunia percetakan.

Tetap nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com sampai jumpa, terimakasih :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More