Tools Bermanfaat untuk Mengecek Kecepatan Website

Tools Bermanfaat untuk Mengecek Kecepatan Website - Dalam membangun sebuah website, ada banyak aspek penting yang harus diperhatikan salah satunya adalah kecepatan. Website yang memiliki kecepatan baik, akan memberikan lebih banyak keuntungan daripada website yang kecepatannya lambat.

Kecepatan website bisa berupa berapa lama waktu yang dibutuhkan saat loading website pertama kali atau loading pada setiap halaman, berapa lama website bisa membuka teks, gambar, video, dan lain-lain. Website dengan durasi yang cukup panjang saat diakses akan dapat dengan mudah ditinggal oleh pengunjung website.

Lalu, bagaimana ya cara mengecek kecepatan website?

Sangat mudah! Kamu bisa menggunakan kedua tools yang akan disebutkan berikut ini.

GTMETRIX


Tools Bermanfaat untuk Mengecek Kecepatan Website GTMetrix

Tools yang pertama ini penggunaannya cukup mudah. Cara mengeceknya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Akses https://gtmetrix.com/
  2. Masukkan URL websitemu pada kolom Enter URL to Analyze...
  3. Klik tombol Test your site
  4. Tunggu hingga hasil analisa selesai
Hasil terbaik yang akan muncul adalah skor A dengan teks berwarna hijau. Jika websitemu mendapatkan skor A, websitemu sudah memiliki performa yang bagus dan tugasmu untuk terus mempertahankan performanya.

Jika muncul B atau C, berarti ada sedikit yang perlu kamu perbaiki. Kamu bisa coba untuk memperbaikinya dengan memperhatikan tab Performance, Structure dan Waterfall. Di sana kamu bisa mengecek hal apa saja yang bisa kamu tingkatkan agar kecepatan website bisa mendapatkan skor A.

Tapi jika yang muncul adalah skor D, E atau bahkan F, kamu perlu bersiap-siap untuk memperhatikan keseluruhan isi dalam website. Biasanya websitemu bisa saja penuh dengan gambar atau file berukuran besar, ada kode yang salah atau error pada JavaScript maupun bahasa pemrograman lainnya yang digunakan untuk membangun websitemu, dan lainnya.

PAGESPEED INSIGHTS


Tools Bermanfaat untuk Mengecek Kecepatan Website PageSpeed

Tools berikut ini merupakan tools yang dibuat oleh Google. Tampilannya lebih clean dan simpel dari website sebelumnya, namun cara penggunaannya hampir mirip.

  1. Akses https://pagespeed.web.dev/
  2. Masukkan URL websitemu pada kolom Enter a web page URL
  3. Klik tombol Analyze
  4. Tunggu hingga hasil analisa selesai


Berbeda dengan GTMetrix, pada Pagespeed Insights akan menampilkan skor untuk tampilan di Mobile dan Desktop. Dan jika kamu scroll perlahan, kamu juga bahkan bisa mengecek skor untuk SEO websitemu.

Untuk melihat bagian yang error dan bisa kamu perbaiki, kamu bisa melihatnya dengan melakukan scroll dan melihatnya satu per satu. Biasanya skor di Pagespeed Insights ini akan berbeda pada Mobile atau Desktop.

Cara penggunaan kedua tools ini sangat mudah dan cukup mirip bukan? Kamu bisa menggunakan keduanya untuk hasil yang lebih akurat dan kamu bisa memperbaiki hal-hal yang error agar skornya bisa menjadi lebih meningkat dan website akan bekerja dengan optimal.

Semoga artikel Tools Bermanfaat untuk Mengecek Kecepatan Website ini bermanfaat ya!
4 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat