Tips & Trick Selection Object Master Page Indesign

13/06/2017    Raditya Noveraldo    170     Desain

Mendesign belakangan ini mulai di kagumi oleh kalangan muda dan sudah memiliki tempat tersendiri untuk melakukannya dan menyalurkan kreasinya. Ditambah perkembangan dunia teknologi dan informasi yang cepat makin mudah juga untuk memulai belajar desain.

Tapi pada internet mungkin tidak semuanya dapat kita ketahui sehingga nantinya para designer pemula ini merasa kesulitan, apalagi ditambah tidak ada forum untuk berbagi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sebuah tips and trik kepada kalian.

Tips and Trick kali ini seputar software layouting yang terkenal keluaran perusahan Adobe yaitu Adobe Indesign, dimana biasanya software ini digunakan untuk membuat layouting majalah ataupun buku. Tips and Tricknya adalah yaitu saat menyeleksi object Master Page pada Adobe Indesign dengan cepat dan mudah.

Sebelumnya yang belum mengerti Master Page akan saya jelaskan terlebih dahulu. Master Page pada Adobe Indesign adalah sebuah page atau halaman yang jika kalian menaruh sebuah object seperti text atau shape diatasnya maka akan tercopy ke semua page yang berorientasikan master page tersebut.

Namun yang perlu diketahui adalah jika object Master Page pada Page biasa itu tidak bisa langsung di seleksi secara langsung seperti di lock. Sehingga terkadang pada beberapa halaman keadaan object master page akan seperti menggangu.

Berikut adalah Tips & Trick Selection Object Master Page pada Page di Adobe Indesign secara cepat dan mudah :

Pastikan kalian sudah membuat beberapa object contoh Shape pada Master Page. Kemudian kalian kembali lagi pada page biasa contoh Page 1. Coba kalian pilih Selection Tools (v) pasti tidak dapat terleksi object object Master Page pada Page tersebut.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa, object master page akan seperti ter lock atau terkunci sehingga tidak dapat terseleksi, cara untuk menseleksi object tersebut adalah dengan cara kalian tetap gunakan Selection Tool (v) kemudian kalian tekan CTRL + Shift + klik Objectnya dengan shortcut seperti itu kalian mampu menseleksi object tersebut.

Cukup segitu dahulu Tips & Trick Selection Object Master Page Indesign kali ini. Tetap nantikan artikel artikel seputar Graphic Design dan juga Website hanya di Dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih.

Indesign, Desain Grafis

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More