Tips Mudah Membaca Data Google Search Console

Tips Mudah Membaca Data Google Search Console - Sebagai owner, content creator, digital marketer, dan sebagainya, tentu pernah penasaran dan ingin tahu bukan, sebenarnya bagaimana sih performa website kita di Google? Mungkin kita ingin tahu lebih detail mengenai berapa banyak traffic yang datang ke website, konten apa saja yang memberikan banyak traffic, kata kunci apa yang mendatangkan pengunjung website, dan lain-lain.
Sebenarnya, data di Google Search Console lebih mudah untuk dibaca dan dipahami daripada yang ada di Google Analytics, apalagi jika memang masih awam. Tapi, karena ada banyak menu dan pilihan, mungkin ada beberapa yang tidak paham dan bingung dengan bagaimana cara membaca data yang sudah terkumpul di Google Search Console.
Jadi, bagaimana ya cara mudah membaca data yang ada di Google Search Console?
Untungnya, saat ini Google memberikan solusi untuk kita yang ingin membaca data dari Google Search Console secara ringkas tanpa perlu mengklik menu satu per satu. Kita dapat membaca datanya melalui Search Console Insights.

Apa Itu Search Console Insights?

Tips Mudah Membaca Data Google Search Console
Search Console Insights adalah tools bawaan Google yang merupakan masih bagian dari Google Search Console yang dapat membantu kita untuk membaca dan memahami audiens atau pengunjung website mengenai bagaimana mereka dapat menemukan konten di website kita dan konten apa saja yang memberikan performa terbaik untuk website.
Data yang dikumpulkan di Search Console Insights ini berasal dari Google Search Console dan Google Analytics.

Apa Saja yang Dapat Dilihat di Search Console Insights?

Tips Mudah Membaca Data Google Search Console
Ada beberapa data ringkas yang dapat kita temukan di Search Console Insights. Tapi, perlu diketahui, bahwa hingga saat ini, saat artikel ini ditulis, Search Console Insights masih dalam tahap pengembangan atau BETA. Jadi, ada kemungkinan akan ada perubahan fitur atau tampilan di masa yang akan mendatang dan mungkin Search Console Insights ini juga masih belum ada di beberapa akun.
Untuk saat ini, beberapa data yang dapat dilihat adalah performa website di Google dalam 28 hari ke belakang. Datanya berupa:
  1. Jumlah klik dari Google Search
  2. Konten di website yang sedang berkembang
  3. Konten yang populer di website berdasarkan jumlah klik
  4. Kata kunci yang digunakan audiens untuk menemukan website
Terlihat hanya sedikit ya? Tapi, data ini sudah cukup untuk mengetahui bagaimana performa website dan konten di Google. Jadi, kita bisa mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh audiens dan kita bisa improve artikel atau konten yang akan dibuat selanjutnya.
Yang menariknya lagi, kita bisa mendapatkan Achievements juga dari Google! Achievement yang didapatkan berdasarkan jumlah klik di Google dalam 28 hari. Jika sudah ada Achievement yang didapatkan, Google akan memberikan badge dan misi untuk mendapatkan jumlah klik yang lebih banyak dari sebelumnya.
Tips Mudah Membaca Data Google Search Console
Seperti sedang bermain game bukan? Jadi lebih terasa menantang dan membuat semangat untuk menulis konten karena ingin terus mendapatkan Achievements dari Google!

Cara Mengakses Search Console Insights

Tips Mudah Membaca Data Google Search Console
Agar dapat mengakses Search Console Insights, pastikan sudah menambahkan properti yang sudah diverifikasi ya di Google Search Console dan sudah mengaitkan properti tersebut dengan Google Analytics. Jika sudah, cara mengakses Search Console Insights sangat mudah!
  1. Akses Google Search Console terlebih dahulu.
  2. Pada halaman dashboard awal, di bagian Overview, kita bisa mengklik tulisan "Search Console Insights".
  3. Kita akan segera diarahkan ke Search Console Insights dan bisa langsung membaca datanya.
Sangat mudah, bukan? Silahkan langsung dicoba dan dicek apakah tools Search Console Insights ini sudah ada di akunmu atau belum?

Kesimpulan

Saat ini Google menyediakan tools terbarunya bernama Search Console Insights yang merupakan masih bagian dari Google Search Console, dimana kita dapat membaca data yang lebih ringkas dan mudah dipahami mengenai performa atau kinerja website dan kontennya. Dengan membaca data di sini, kita bisa sambil mencari ide, juga mencoba improve konten yang akan dibuat selanjutnya dengan menyesuaikan hal-hal apa saja yang dicari dan dibutuhkan audiens saat menemukan website kita sehingga dapat membantu meningkatkan traffic website.
Semoga artikel Tips Mudah Membaca Data Google Search Console ini bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya :)
2 Februari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat