Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi

Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi - Membuat usaha atau bisnis memang tidaklah mudah. Pada saat baru memulainya, kita perlu menyiapkan banyak hal seperti modal, biaya promosi, foto produk, dan lain-lain. Tapi, apa ada caranya ya untuk menekan budget dengan menjual produk tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi?
Tentu saja ada! Yang diperlukan hanyalah hilangkan rasa malas karena jika tanpa biaya membutuhkan effort yang lebih besar lagi. Jadi, tetap semangat untuk mencobanya ya!
Ini dia beberapa tips untuk menjual produk atau jasa tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi:
  1. Fokus di Media Sosial Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi
    Tips yang pertama adalah fokus di media sosial. Saat ini hampir semua bisnis yang ada di dunia menggunakan media sosial. Ini sangat penting karena dengan adanya media sosial bisa meningkatkan brand awareness dan tujuan lainnya yang ingin dicapai.
    Meskipun ada Ads juga di media sosial, jika kita ingin benar-benar tidak mengeluarkan biaya, kita bisa memanfaatkan 3 platform media sosial berikut ini:
    • TikTok
    • Instagram Reels
    • YouTube Shorts
    Mengapa harus 3 platform media sosial ini? Karena mereka semua memiliki algoritma yang berbeda daripada social media yang hanya fokus di feed. Dengan fokus di 3 platform tersebut, kita dapat tetap menjangkau lebih banyak calon customer tanpa perlu mengejar banyak followers atau subscribers. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan fitur LIVE yang ada di media sosial terutama TikTok apalagi jika kita juga sudah mengaktifkan akun seller di TikTok Shop.
    Kita dapat tetap membuat postingan di feed untuk berbagai informasi seperti katalog, promo, tips, dan sebagainya. Pastikan untuk memasukkan kata kunci di deskripsi postingan juga agar informasi mengenai produk atau jasa dapat dengan mudah ditemukan oleh calon customer.
  2. Mempelajari SEO Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi
    Jika kamu ingin melakukan promosi tanpa mengeluarkan biaya, Search Engine Optimization (SEO) bisa menjadi salah satu teknik Digital Marketing yang dapat digunakan. Dengan SEO, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan dan benar-benar mengandalkan website serta mesin pencari untuk mendapatkan calon customer.
    Teknik SEO dapat membantu kita dalam meningkatkan visibilitas website dan posisi website di hasil mesin pencari. Jadi, pastikan terlebih dahulu sudah ada website yang akan dioptimasi. Akan lebih baik jika website sudah memiliki domain dan hosting, tapi jika tidak ingin mengeluarkan biaya, bisa gunakan platform gratis untuk membuat website seperti wordpress.com, blogspot, wix, dan sejenisnya.
    Saat ini juga media sosial sudah berubah menjadi SEO-Friendly sehingga dapat membantu kita untuk mendapatkan customer dari media sosial. Pastikan untuk selalu memasukkan kata kunci di deskripsi, menambahkan ALT Text pada gambar dan gunakan hashtag yang relevan dengan tidak berlebihan.
  3. Menggunakan Google Business Profile Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi
    Saat sedang mencari sebuah lokasi di Google, kamu pasti pernah melihat bukan ada list lokasi yang muncul yang isinya ada alamat, foto, ulasan, dan bisa mengarahkan kita langsung ke lokasi tujuan melalui Google Maps? Jika usaha atau bisnis kita memiliki tempat fisik yang bisa dikunjungi, wajib coba menggunakan Google Business Profile yang sebelumnya disebut Google My Business.
    Dengan menggunakan Business Profile, kita dapat menjangkau calon customer yang sedang berada di sekitar lokasi. Selain itu, kita juga dapat meminta ulasan kepada customer yang sudah sering menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
    Kita juga dapat mengaktifkan fitur pesan jika ingin dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan customer tanpa melalui aplikasi pesan pribadi. Sangat efektif, apalagi ada fitur FAQ yang dapat membantu customer untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin ingin ditanyakan.
  4. Ajak Kerjasama Influencer yang Gratis Tips Menjual Produk Tanpa Mengeluarkan Biaya Promosi
    Membaca influencer pastinya akan muncul pertanyaan seperti:
    "bukankah mahal?"
    "kan harus mengeluarkan modal"
    "apa bisa jika memintanya secara gratis?"
    Memang benar sudah ada banyak influencer yang mengeluarkan rate card atau pricelist jika kita ingin mempromosikan produk atau jasa melalui mereka. Semakin terkenal influencer, biasanya semakin mahal juga rate card yang mereka punya.
    Tapi, kita dapat memanfaatkan influencer lokal yang baru memulai menjadi content creator dan memiliki engagement cukup tinggi. Ada beberapa dari mereka yang masih menerima endorsement secara gratis tanpa ada biaya apapun.
    Bagaimana cara menemukan mereka? Cukup mudah! Kita dapat mencarinya di media sosial dengan kata-kata seperti berikut:
    - free endorsement
    - free endorse
    - endorse gratis
    - free PP
    - PP gratis
    - dan sebagainya
    Setelah menemukannya, kita bisa langsung bertanya di DM mengenai proses endorsement atau kerjasama dengan mereka. Jika lokasinya dekat, kita bisa saja langsung mengantarkan produknya. Jika lokasinya cukup jauh, mungkin kita perlu mengeluarkan sedikit modal untuk mengirim produk ke lokasi mereka.
    Namun, pastikan dulu untuk mengecek apakah mereka memiliki target market yang sudah sesuai dengan produk atau jasa kita, juga lihatlah bagaimana analisa dari engagement akun mereka.
    Itu dia beberapa tips untuk menjual produk tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi. Kita dapat langsung mencobanya satu per satu untuk membantu meningkatkan brand awareness bisnis yang sedang dijalankan.
Kesimpulan
Ada berbagai macam cara untuk berjualan tanpa mengeluarkan biaya promosi. Beberapa di antaranya adalah fokus di media sosial, belajar SEO, menggunakan Google Business Profile dan mengajak kerjasama influencer yang gratis. Semoga empat tips yang sudah disebutkan ini bermanfaat ya untuk yang sedang memulai usaha atau bisnis!
Sampai jumpa di artikel digital marketing yang selanjutnya! :)
20 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat