Tips Memperluas Jangkauan Router Wifi

24/04/2017    Maykhel David    3053     Teknologi

Penggunaan perangkat internet sudah menjadi hal yang wajib ketika mengerjakan sebuah pekerjaan seperti browsing, streaming, dan mencari referensi atau berita yang sedang popular saat ini.

Seiring berkembangnya jaman, salah satu fasilitas agar pengguna dapat terhubung ke internet adalah wifi. Apa itu wifi? Ya, pastinya kalian sudah paham betul apa itu wifi. Dengan adanya wifi, perangkat yang kita gunakan bisa terkoneksi dengan internet atau dengan perangkat lainnya melalui jaringan nirkabel.

Sering kali kita pengguna wifi rumahan mengeluh karena sinyal wifi tidak sampai ke beberapa ruangan yang memang letaknya agak jauh dari router. Kali ini saya punya beberapa tips mengenai cara memperluas jangkauan sinyal wifi, berikut adalah caranya

1. Memindahkan Posisi Router

Cobalah merubah posisi wireless router kamu ke posisi yang lebih terbuka, alias lebih mudah dijangkau dan tidak terlalu banyak penghalang. Penghalang yang dimaksud disini bisa berupa dinding, beton, dan material lainnya yang berpotensi menghalangi sinyal.

Mungkin kamu perlu membaca artikel mengenai Tempat yang Pas Untuk Meletakan Wireless Router.

 

2. Menambah Wireless Router

Mungkin untuk pengguna rumahan tidak memerlukan lebih dari dua Wireless Router / Access Point. Namun untuk kelas bisnis atau perusahaan yang biasanya terdiri atas beberapa ruang, yang secara tidak langsung bisa menghalangi sinyal wireless, mungkin memerlukan lebih dari dua Wireless Router Atau Access Point.

Kamu dapat menghubungkan antara wireless router utama dengan wirelss router lainnya cukup melalui ethernet (agar kualitas sinyal juga terjaga). Dengan begitu koneksi yang berasal dari wireless router utama dapat terbagi ke semua ruangan.

 

3. Memberikan Antena Pada Router

Jika perangkat wireless kamu belum menggunakan antenna, cobalah pasang antena dan lihat perbedaan yang ada.

Dan apabila kamu sudah menggunakan antenna, tetapi kualitas sinya masih belum bagus, cobalah upgrade antenna yang kamu gunakan dengan yang lebih kuat lagi.

 

4. Menambah Wireless Repeater

Wireless repeater ini bagusnya diposisikan tetap berada dalam jangkauan wireless router utama. Fungsinya sebagai menguatkan sinyal Wi-Fi. Client yang sebelumnya tidak dapat menjangkau sinyal utama dari wireless router, kini dapat terkoneksi melalui repeater.

Nahh, bagaimana teman-teman, diatas tadi adalah beberapa cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Jadi bagi kalian yang dirumahnya pasang internet bulanan tapi tidak mencakup ke seluruh ruangan di rumah, kalian bisa coba cara yang saya berikan diatas. Saya kira itu saja pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More