Tips Lengkap Cara Mengatasi Blue Screen

13/04/2017    Maykhel David    2795     Artikel Bebas

Penggunaan computer sudah menjadi aktivitas yang saat ini tidak bisa dihindari lagi oleh para pekerja kantor saat ini, bahkan sudah menjadi syarat wajib untuk masuk kedalam dunia kerja baik di perkantoran atau bahkan sudah banyak juga industri rumahan yang menggunakan computer. Sudah bukan hal yang janggal ketika banyak orang bekerja menggunakan computer atau laptop dan duduk di café sambil mengerjakan pekerjaannya pada laptop yang mereka bawa.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekolah juga yang sudah menggunakan komputer sejak SD demi membiasakan anak – anak agar dapat beradaptasi dengan penggunaan komputer.

Permasalahan yang sering terjadi dan sangat mengganggu pada system operasi windows adalah munculnya crash atau bahkan mengalami crash pada system operasinya sendiri.

Terjadinya crash pada system operasi windows biasa disebut Blue Screen atau BSOD (Blue Screen of Death). Ya seperti namanya yang jika diartikan dalam Bahasa indonesiaberarti Layar Biru Kematian. BSOD sendiri adalah istilah yang popular ketika layar yang ditampilkan Microsoft Windows mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Di antaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

Cara mudah mengetahui penyebab terjadinya BSOD adalah dengan cara menganalisa file dump yang tercipta ketika computer mengalami blue screen. Cara menganalisanya adalah bias dengan menggunakan aplikasi Bluescreenview yang bias kalia download disini

Cara menggunakannya sangat mudah, kalian hanya perlu menjalankan file .exe yang ada di dalamnya. Sehingga akan terlihat history terjadinya bluescreen yang di dokumentasikan dalam file berekstensi *.dmp

Tips Lengkap Cara Mengatasi Blue Screen

Selanjutnya kalian coba klik dua kali file .dmp untuk melihat detail dan keterangan mengenai terjadinya Blue Screen of Death., maka akan muncul popup properties baru seperti di gambar berikut:

Tips Lengkap Cara Mengatasi Blue Screen

 

Pada gambar diatas, kalian coba perhatikan pada bagian Bug Check Code, disana terdapat kode untuk pengecekkan error yang bisa kalian cari pada mesin pencarian Google.

Atau kalian juga bisa identifikasi pada bagian Caused By Driver, disana ada nama bagian driver yang bermasalah dan bisa kalian cari di Google dengan mengetikkan nama driver tersebut atau kode bug yang ada.

Baiklah teman-teman tips diatas bisa kalian coba praktekkan untuk mencari solusi bagi computer atau laptop yang mengalami masalah. Semoga bermanfaat

Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More