Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis

Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis - Untuk kamu yang suka atau punya hobi menulis, sudah saatnya untuk memanfaatkan menulis menjadi kumpulan uang! Jadi, daripada menulis dan menyimpannya di catatan handphone atau laptop, sebaiknya ikuti tips ini dan bersiaplah mendapatkan pendapatan yang lumayan untuk menambah isi tabunganmu!
Jadi, jangan sia-siakan. Ini dia beberapa tips cara mendapatkan uang melalui menulis:

1. Blogging

Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis
Tips pertama ini sebenarnya bukan cara yang instan. Butuh kesabaran ekstra untuk mengubah tulisan menjadi uang dengan melakukan blogging. Cara mendapatkan uang melalui blogging adalah dengan rajin menulis artikel di platform-platform blogging seperti Blogspot, WordPress atau sejenisnya.
Setelah merasa banyak artikel yang sudah terposting dan mendapatkan banyak traffic di platform tersebut, cobalah untuk mendaftar Adsense atau sejenisnya. Mereka akan membayarmu dari klik iklan yang nantinya akan muncul di halaman websitemu.
Biasanya pembayaran bisa melalui Paypal dan untuk nominalnya bisa berbeda tergantung dengan platform PPC yang digunakan.
Jadi, pastikan untuk terus menulis di blog ya agar mendapatkan banyak traffic! Agar lebih mudah, bisa tulis artikel-artikel yang mengandung kata-kata atau informasi yang sedang viral, banyak dibicarakan atau yang topiknya banyak dicari orang.
Tapi, tentunya bisa disesuaikan dengan hal yang disukai juga kok agar tetap lebih enjoy lagi saat menulisnya.

2. Aktif Menulis di X (Twitter)

Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis
Siapa bilang aktif di media sosial hanya buang-buang kuota saja? Selain bisa mendapatkan informasi dan hiburan, ternyata kita bisa mendapatkan uang juga, loh! Untuk kamu yang senang menulis, kamu bisa mencoba aktif di media sosial X atau yang dulu disebut Twitter.
Memang ada apa di X?
Saat ini, X membuat sistem monetisasi dimana kita bisa mendapatkan pendapatan berdasarkan engagement yang didapatkan dari postingan di X atau dari hasil subscribe.
Untuk mengecek apakah akun X-mu sudah bisa dimonetisasi, bisa ikuti cara berikut ini:
  1. Klik menu Settings.
  2. Pilih Monetization.
  3. Pilih tipe monetisasi yang diinginkan (Subscriptions atau Ads revenue sharing).
Setelah itu akan muncul persyaratan untuk monetisasi akun. Pastikan sudah tercentang semua ya! Jika akun belum terverifikasi, sekarang sudah bisa membelinya agar akun bisa mendapatkan centang biru. Jadi, bisa mendapatkan kemungkinan engagement yang lebih tinggi daripada akun X yang biasa.
Lalu bagaimana caranya agar mendapatkan banyak engagement dan pendapatan?
Untuk mendapatkan pendapatan, kita bisa membuat thread yang berisi informasi-informasi menarik atau unik, rajin berkomentar di akun-akun base, up to date dengan konten yang sedang viral, dan sebagainya. Intinya, harus rajin dan aktif memantau X, serta jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada postingan-postingan yang muncul di timeline.
Silahkan dicoba ya!

3. Menjadi Penulis di Media Online

Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis
Yang terakhir ini terkadang terasa seperti sedang melamar pekerjaan karena ada beberapa media yang ingin melihat terlebih dahulu artikel-artikel apa saja yang pernah dibuat, hingga mereka mengevaluasinya dan baru mau bekerjasama.
Tapi, ada juga beberapa media online atau website yang mau membayar penulis artikel. Caranya, kita bisa mencari dulu website-website apa saja yang bersedia membayar. Cukup mudah untuk menemukannya karena ada banyak website yang memberikan informasinya.
Cari dengan kata-kata seperti:
  • website bayar artikel.
  • website menulis artikel dibayar.
  • situs yang membayar artikel.
  • dan sejenisnya.
Biasanya, ada website yang langsung bisa akses halaman mendaftarnya untuk membuat akun menulis. Setelah itu, kita tinggal menulis saja dan tunggu hingga artikel dicek oleh tim editor. Jika sudah disetujui, artikel akan muncul di website dan mereka akan membayar per artikel yang terposting atau ada juga yang membayarnya sesuai dengan banyaknya viewers.
Perlu diingat, jangan lupa untuk mengecek kredibilitas website sebelum mendaftar menjadi penulis karena ada saja orang-orang licik yang mencari keuntungan dari hal ini dan membuatnya menjadi scam. Tentunya, kamu tidak ingin bukan artikel yang sudah "capek-capek" dibuat diambil begitu saja tanpa dibayar?

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang atau pendapatan melalui menulis. Mulai dari melakukan blogging, aktif menulis di X, hingga menjadi penulis di media online. Semuanya layak dicoba karena bisa sekalian melatih kemampuan menulis agar terus terasah.
Semoga artikel Tips Mendapatkan Uang dan Pendapatan dari Menulis ini bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel tips dan trik berikutnya :)
25 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat