Tips dan Trik Menulis Artikel dengan Baik

23/07/2017    Zulfa Itsna Rufaida    1512     Artikel Bebas

Tips dan Trik Menulis Artikel dengan Baik – Aktivitas blogging sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Blogging adalah aktivitas tulis menulis yang tujuannya untuk menyampaikan pendapat, ide, pemikiran dan pengalaman pribadi kepada orang lain supaya pembaca mendapatkan manfaat. Para pelaku blogging atau yang biasa kita sebut blogger kini tak memandang umur. Mulai dari orang dewasa, remaja bahkan anak-anakpun sudah tidak asing lagi dengan kegiatan blogging.

Untuk menjadi seorang blogger yang professional, kamu harus bisa menulis artikel dengan baik. Jika artikel yang kamu sajikan bagus, maka secara sukarela pembaca akan share tulisanmu karena artikel kamu dapat memberikan manfaat nyata bagi orang lain.

Berikut adalah tips dan trik menulis artikel dengan baik, silahkan disimak teman-teman wink

1. Panjangnya tulisan

Ya, panjangnya tulisan menjadi poin pertama yang perlu kita perhatikan. Buatlah tulisan menjadi simple namun tetap dapat dipahami. Beberapa diantara para pembaca lebih senang dengan tulisan yang ringkas, biasanya mereka malas membaca artikel yang terlalu panjang. Kalian bisa menjadikan patokan minimal 300 kata untuk membuat sebuah artikel.

2. Ringan dibaca

Gunakan tata bahasa, istilah, perumpamaan, ungkapan atau ejaan yang baik dan benar supaya mudah dipahami pembaca. Jika pembaca tidak mampu mencerna tulisan kamu, maka kamu belum bisa disebut sebagai blogger yang professional.

3. Gaya Bahasa

Tips dan trik menulis artikel dengan baik selanjutnya yaitu dengan memperhatikan gaya bahasa. Pemahaman orang dalam mencerna sebuah tulisan pastinya berbeda-beda, maka dari itu kamu harus menyesuaikan gaya bahasa yang tepat untuk para pembacamu.

4. Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya

Tujuan pengunjung membaca artikelmu yaitu karena mereka ingin menemukan inti dari hal penting yang sedang ia cari. Ada tipe pengunjung yang malas untuk membaca keseluruhan artikel. Maka dari itu gunakan bold, italic dan underline sewajarnya.

  • Bold untuk mempertegas kata-kata,
  • Italic untuk bahasa asing, dan
  • Underline untuk menggaris bawahi suatu keterangan supaya tidak salah dalam menafsirkannya.

5. Jangan copas artikel orang

Jangan sekali-sekali kalian copas artikel orang lain. Buatlah artikel original, jika kamu bingung menentukan pembahasan topik, kamu bisa membuat artikel sesuai pengalaman pribadi atau melihat topik yang sedang ramai dibicarakan. Tentunya kamu sendiri tidak mau kan hasil karyamu diambil orang? Kecuali kalian mencantumkan link atau sumber artikel tersebut.

Itulah beberapa tips dan trik menulis artikel dengan baik. Kalian bisa menerapkannya pada artikel sendiri. Semoga bermanfaat smiley

Browser, Artikel, Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More