Tips Dan Trik Mengetahui Bahaya USB Type C

Sekarang ini sudah banyak smartphone yang menggunakan USB Type-C atau biasa dikenal USB-C. USB ini menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, yakni 10 GB per/detik atau sekitar 20 kali lebih cepat dari port USB tipe lama. Selain itu, USB Type-C memiliki bentuk yang simetris jadi kalian tidak perlu lagi bingung cara mencolokkan kabel yang benar. Namun, USB Type-C memiliki bahaya tersendiri yang perlu kalian ketahui. Berikut ini tips dan trik mengetahui bahaya USB Type-C.

Pada dasarnya, USB Type-C memang berpotensi mengubah dunia menjadi lebih baik lagi, namun ternyata masih belum tentu aman. Oleh karena itu, kalian harus memastikan bahwa USB Type-C aman untuk digunakan semua orang. Berikut ini hal yang perlu kalian ketahui mengenai bahaya dari USB Type-C.

Lebih Berbahaya

Hal pertama yang perlu kalian ketahui ialah teknologi USB Type-C ternyata memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni Micro USB. Sebenarnya, USB Type-C lebih berbahaya, namun kebanyakan orang tidak sepenuhnya memahaminya. USB Type-C memang dirancang khusus untuk menjadi lebih canggih, mampu mengirim data lebih banyak, lebih cepat, bahkan daya lebih besar. Hal berbahayanya ialah kualitas kabel USB Type-C tidak sesuai dengan standar dan dapat dengan mudah menghancurkan perangkat dalam sekejap.

Banyak USB Type-C Palsu

Jika kalian ternyata salah memilih mendapatkan USB Type-C palsu hal tersebut bisa lebih berbahaya, karena rancangan kabel USB Type-C palsu lebih rumit dalam mengatur transfer data dan daya. Tidak semua orang mengetahui teknologi secara mendalam, sebaiknya saat kalian membeli diperhatikan lebih teliti atau sebaiknya kalian menggunakan kabel USB Type-C bawaan sendiri.

Kecurangan Produsen Aksesoris

Banyaknya kecurangan dari produsen aksesoris yang membuat kita para pembeli salah memilih. Oleh sebab itu, kalian perlu memahami tips dan trik mengetahui bahaya USB Type-C. Ada beberapa produsen yang tertangkap basah menggunakan standar kabel Micro USB dan mengganti ujungnya saja seperti bentuk USB Type-C. Hal tersebut sangat jelas membahayakan karena dapat merusak perangkat kalian. Jadi, sebaiknya kalian membeli USB Type-C pada produsen resmi biarpun mahal lebih baik daripada kalian beli murah namun tidak menjamin keamanan.

Fast Charging

Masalah pengisian daya baterai bukan hanya soal kualitas kabel yang buruk, melainkan beberapa pabrik ponsel yang tidak bermain sesuia dengan aturan. Seperti USB Type-C yang diklaim dapat melakukan proses pengisian ulang baterai jauh lebih cepat, namun tidak sepenuhnya benar. Jika kalian membeli kabel murah secara online di khawatirkan akan menimbulkan masalah yang sangat serius pada smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya kalian membeli pada produsen yang resmi atau lebih teliti kembali.

Belum Memiliki Standardisasi

Banyak produsen yang menjual USB Type-C namun belum memiliki standardisasi yang kompatibel dengan banyak perangkat. Kebanyakan produsen menginformasikan fitur tertentu yang sebenarnya tidak lebih baik dari kelebihan USB Type-C sendiri. Diperlukan kejelasan secara spesifikasi mengenai USB Type-C dan pastinya diperlukan standardisasi antara pihak pabrikan ponsel dengan pembuat aksesoris pihak ketiga.

Perkembangan teknologi memang semakin lama semakin canggih sehingga kita tidak dapat menolaknya, hanya saja teman – teman harus lebih teliti kembali dalam memilih segala hal. Tips dan trik mengetahui bahaya USB Type-C harus kalian pahami, supaya tidak salah memilih USB palsu. Semoga bermanfaat

16 Juni 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat