Tips Belajar Video Editing untuk Pemula

05/08/2022    Agustinus    37    Artikel Bebas

Tips Belajar Video Editing untuk Pemula - Dengan kemajuan dan canggihnya teknologi saat ini, siapa saja pasti bisa mengedit video dengan mudahnya. Apalagi dengan adanya TikTok yang sudah menyediakan banyak filter ataupun CapCut yang memiliki banyak template untuk mengedit video dan aplikasi sejenisnya.

Edit video bisa menjadi skill yang cukup menjanjikan saat ini, loh! Karena dapat dilihat, akhir-akhir ini media sosial lebih fokus dengan konten berupa video. Jadi, belajar video editing akan sangat menguntungkan.

Untuk kamu yang masih pemula dan sedang tertarik untuk belajar video editing, DUMET School punya beberapa tips nih untuk mempelajari video editing. Langsung simak saja ya!

Tips Belajar Video Editing

Pastikan Memiliki Device yang Memadai

Untuk mempelajari video editing, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kamu memiliki device yang memadai. Jika ingin belajar edit video dengan aplikasi di smartphone, tentunya kamu harus memiliki smartphone yang memiliki spesifikasi sesuai dan tidak tertinggal OS-nya. Karena sekalinya OS tertinggal, kamu akan kesulitan mendapatkan aplikasi yang lebih terbaru.

Jika kamu ingin belajar edit video dengan aplikasi di laptop seperti Adobe Premiere atau Adobe After Effects, pastikan juga laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang mantap karena kedua aplikasi tersebut membutuhkan lebih banyak memori.

Pelajari Teknik-Teknik Dasar

Setelah memiliki device yang memadai, kamu bisa mempelajari teknik-teknik dasar terlebih dahulu. Contoh teknik-teknik dasar dalam video editing adalah:

  • Memotong Video
  • Split Video
  • Menambahkan Tulisan
  • Memberi Efek Transisi
  • Menambahkan Subtitle/Takarir
  • Memasukkan Gambar
  • Dan lain-lain

Teknik yang dasar biasanya akan sering dilakukan berulang-ulang. Jadi, agar lebih mudah dan luwes dalam mengedit videonya, kamu bisa mempelajari hal-hal yang dasar sampai menjadi paham.

Lalu kapan belajar teknik yang lebih advance? Tentunya jika kamu sudah terbiasa menggunakan teknik-teknik dasar. Setelah itu, kamu bisa mulai pelajari teknik yang lebih advance lagi satu per satu.

Konsisten Belajar

Tips yang berikut ini bisa dibilang cukup sulit dilakukan. Cobalah untuk meluangkan waktu setiap harinya minimal 1-2 jam untuk belajar video editing. Jika kamu sudah konsisten dengan waktu belajar, skill pasti akan bertambah dan kamu akan menjadi mahir dalam mengedit video.

Kursus Video Editing

Ini adalah opsi terakhir jika kamu ingin belajar video editing dengan didampingi dan dibimbing oleh mereka yang sudah ahli dan berpengalaman. Di DUMET School juga tersedia loh kursus video editing yang nantinya akan mempelajari Adobe After Effects yang akan membuat videomu menjadi jauh lebih menarik lagi!

Untuk informasi lebih detail, kamu bisa langsung klik LIVE CHAT yang ada di bawah atau bisa hubungi kontak admin kami yang tertera di bagian footer website ini.

Bagaimana? Kelihatannya cukup mudah ya? Jangan lupa untuk terus belajar agar skill video editing kamu terus bertambah setiap harinya dan tentunya akan bermanfaat untuk masa depanmu.

Semoga artikel ini bermanfaat! Sampai jumpa di artikel selanjutnya :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow