Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

WYSIWYG adalah singkatan dari "What you see is what you get", maksudnya adalah dimana kita bisa mendapatkan hasil tampilan dokumen sama persis ketika kita membuatnya. WYSIWYG adalah istilah untuk text editor yang digunakan untuk mengelolah kata atau layout secara langsung, tanpa perlu menggunakan sintaks-sintaks programming dan lain sebagainya, seperti yang kita sering pakai adalah Ms. Office.

Pada website, text editor WYSIWYG juga sangat dibutuhkan, seperti untuk menulis blog atau artikel. Ada beberapa text editor WYSIWYG yang paling saya rekomendasi untuk website, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Summernote

Summernote adalah text editor yang sangat simple dan gratis, tidak hanya mengedit text, kita juga bisa upload gambar secara langsung. Text editor Summernote dibuat dengan jQuery dan Bootstrap, sehingga bagi kita bisa lebih mudah untuk mengkostum tampilan ataupun menambah dan mengurangi toolbar.

Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

2. Tinymce

Tinymce adalah text editor yang memiliki banyak fitur lengkap, terdiri dari 4 paket yakni Community (gratis), Premium ($0.40/m), Pro ($1.00/m) dan Enterprice (call). Untuk paket gratis sebenarnya sudah cukup lengkap, namun tidak disediakan fitur untuk upload gambar. Ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan Tinymce seperti WordPress, Evernote, SurveyMonkey bahkan Microsoft.

Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

3. CKEditor

CKEditor adalah text editor yang juga memiliki banyak fitur lengkap, adalah 5 paket yang bisa kita pilih yakni Open Source (gratis), Standard ($99), Plus ($499), Business ($999) dam Enterprise (call). Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya antara lain seperti dapat dipindahkan dari Ms. Word, banyak Widgets (tool tambahan), drag & drop image and file upload dan masih banyak lagi.

Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

4. Quilljs

Quilljs adalah text editor yang 100% gratis, tampilannya simple dan elegant. Quilljs menyediakan konfigurasi dimana kita bisa melakukan kostum tampilan serta menambah dan mengurangi toolbar.

Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

5. Nicedit

Nicedit adalah text editor yang sepenuhnya gratis. Walaupun dari segi tampilan sedikit jadul, namun fitur-fitur nya cukup banyak.

Text Editor "WYSIWYG" Terbaik Untuk Website

26 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat