Silex PHP, framework PHP berbasis Symfony2

Hai teman-teman DumetSchool !

Mari kita berkenalan dengan PHP Framework bernama Silex. Namanya memang unik karena mirip nama salah satu infotainment yang ikonik sekali di Indonesia.

Silex adalah sebuah micro framework PHP yang berjalan di PHP 5.3 atau versi yang lebih baru. Framework ini dibagun berdasarkan Symfony2, Pimple Script dan juga terinspirasi oleh Library Sinatra.

Silex memberikan alternatif untuk membangun aplikasi sederhana dengan file tunggal. Adanya Framework Silex ini juga memiliki tujuan agar aplikasi web yang dibuat memiliki karakteristik :

  1. Ringkas : Silex mengekspos API intuitif dan ringkas yang menyenangkan untuk digunakan.
  2. Bisa dijadikan Ekstensi : Silex memiliki sistem ekstensi berbasis layanan Pimple yang membuatnya lebih mudah untuk menggunakan library pihak ketiga.
  3. Dapat diuji: Silex menggunakan Symfony2 yang HttpKernel yang mengabstaksi permintaan dan respon. Hal ini membuatnya sangat mudah untuk menguji aplikasi dan framework itu sendiri. Hal ini juga mendorong penggunaan spesifikasi HTTP dengan penggunaan yang tepat guna dan sebagaimana mestinya.


Singkatnya, kita menentukan kontroler dan jalurnya, semua dalam satu langkah. Semua yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses ke Framework adalah dengan menyertakan autoloader tersebut.

Selanjutnya kita mendefinisikan rute ke /halo/ {name} yang cocok untuk permintaan ber-method GET. Ketika rute cocok, fungsi ini dijalankan dan nilai kembali dikirim kembali ke klien.

Akhirnya, aplikasi dapat dijalankan. Ini benar-benar mudah! Instalasi Silex semudah Framework ini didapatkan. Download file arsip, ekstrak, dan selesai!

Kunjungi website resminya di http://silex.sensiolabs.org/.

Semoga bermanfaat dan Happy Coding teman-teman  cool !

14 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat