Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok

Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok - Membaca TikTok, mengingatkan kita pada beberapa tahun lalu dimana TikTok bukan termasuk ke dalam media sosial yang populer dan kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang beralih dari Musically dan banyak membuat konten "joget".

Saat ini, TikTok bukan hanya sekedar media sosial untuk berbagi konten joget saja. Tapi, lebih dari itu! TikTok sekarang sudah seperti super app dimana memiliki banyak fitur dan layanan. Bisa untuk media sosial, beriklan, belanja, affiliate, LIVE, dan digunakan untuk sekadar berfoto atau membuat video. Bahkan, di Google Play Store, TikTok menjadi aplikasi gratis terpopuler nomor 4. Berbeda 3 posisi dengan Instagram yang berada di nomor 7.
Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Selain super app, TikTok menjadi populer juga karena algoritmanya yang dapat menyenangkan banyak orang! Bayangkan saja, meskipun misalnya akun kita tidak memiliki followers sama sekali, kita tidak perlu khawatir karena TikTok dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang agar dapat melihat video yang sudah diposting. Karena itulah sekarang muncul banyak content creator baru yang fokus membuat konten di TikTok dari berbagai macam bidang dan kategori.
Nah, beberapa rekomendasi tools yang akan disebut di bawah ini pasti sangat berguna untuk kamu yang sedang fokus membuat konten di TikTok. Kira-kira ada tools apa saja ya?

1. TikTok Creative Center

Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Tools yang pertama ini sudah sering dibahas dan diinfokan di TikTok oleh banyak creator. TikTok Creative Center sangat berguna untuk melakukan riset dan mencari ide mulai dari iklan, kata kunci, produk, trend, dan strategi-strategi kreatif untuk membuat konten.
Aplikasi ini juga sebenarnya bisa loh digunakan oleh orang-orang yang tidak menggunakan TikTok juga. Misalnya, kita ingin menjual produk tapi bingung ingin menjual apa, kita dapat membuka TikTok Creative Center dan melihat produk apa saja yang sedang banyak dicari dan terjual di marketplace TikTok.
Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Untuk melihatnya bisa klik menu Inspiration > Top Products. Nanti akan muncul data seperti di atas berupa kategori produk dan kita bisa klik satu per satu di tombol Details untuk melihat seperti apa performa produk tersebut, data audiens, video, juga hashtag yang relevan. Sangat bermanfaat, bukan?
Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Kita juga dapat melihat menu Trend dimana kita dapat melihat hashtag, lagu atau musik, creator, dan video apa saja yang sedang naik daun, viral dan ramai dibuat. Sangat cocok untuk dilihat jika sedang tidak ada ide.


2. TikTok Creator Center

Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Tools yang kedua ini masih dalam tahap pengembangan atau BETA. Saat ini, jika kita mengakses TikTok Creator Center, kita dapat melihat beberapa fitur seperti:
  1. Upload video atau konten
  2. Mengelola postingan dan komentar
  3. Melihat data analytics
  4. Menjadwalkan postingan
Masih sangat simpel, namun cukup bagus untuk melihat data-datanya untuk melakukan riset mengenai konten yang akan dibuat selanjutnya dan evaluasi konten-konten yang sudah dibuat. Kita juga jadi bisa membalas komentar-komentar yang belum terjawab. Bagus untuk menjaga interaksi dengan audiens, bukan?
Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok
Sayangnya, saat meng-upload video atau konten, hanya baru bisa konten yang berbentuk video saja dan tidak bisa memilih musiknya. Jadi, pastikan dulu videonya sudah ada musiknya sebelum di-upload melalui TikTok Creator Center ini.


Kesimpulan

Ada 2 tools bermanfaat yang dapat digunakan bagi para content creator yang ingin fokus di TikTok, yaitu TikTok Creative Center dan TikTok Creator Center. Kedua tools tersebut merupakan bawaan dari TikTok-nya sendiri. Jadi, sayang sekali jika tidak digunakan dengan maksimal padahal ada banyak data yang dapat dimanfaatkan.

Semoga artikel Rekomendasi Tools untuk Content Creator TikTok ini bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya :)
4 Februari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat