Pucker and Bloat pada Illustrator

03/05/2017    Raditya Noveraldo    2546    Desain

Saat mendesign sering kali kita membutuhkan object object unik pada design kita. Tapi tidak jarang juga kita kesulitan dalam mencarinya dan juga sulit untuk membuatnya. Seperti object bunga misalnya, kita tau bentuk tersebut memang simple namun masih banyak yang kesulitan untuk membuatnya sendiri, khususnya pada software Adobe Illustrator.

Pada Adobe Illustrator kita ketahui adalah bahwa software ini memang memudahkan kita untuk membuat hal hal unik dengan cara manual, seperti contoh diatas bunga. Tapi taukah kalian cara membuat bunga dengan cepat dan mudah?

Pada Adobe Illustrator terdapat satu fitur bernama Pucker and Bloat dan fitur tersebut sangatlah mudah untuk kita gunakan membuat object bunga misalnya pada Adobe Illustrator. Berikut penjelasan tentang apa itu Pucker and Bloat pada Adobe Illustrator dengan mudah dan lengkap.

Pucker and Bloat ini adalah menu Effect pada Adobe Illustrator yang berguna untuk mengubah object shape menjadi lebih Pucker ( mengerut ) atau menjadi lebih Bloat ( mengembung ). Berikut saya berikan contoh cara menggunakan Pucker and Bloat pada Adobe Illustrator.

Pertama-tama bukalah software Adobe Illustrator terlebih dahulu kemudian buatlah shape menggunakan stroke saja seperti berikut:

Pucker and Bloat pada Illustrator

Kemudian seleksi objectnya dan klik menu Effect > Distort & Transform > Pucker and Bloat

Pucker and Bloat pada Illustrator

Maka akan muncul windows seperti berikut:

Pucker and Bloat pada Illustrator

Jika kalian menggeser rangenya kekiri berarti membuat object itu menjadi Pucker dan jika kalian menggeser rangenya kekanan berarti membuat object tersebut menjadi lebih Bloat. Sesuaikan keinginan kamu dengan centang preview agar lebih mudah melihatnya maka jika sudah tekan oke dan hasilnya akan seperti berikut:

Pucker and Bloat pada Illustrator

Itulah pembahasan tentang apa itu Pucker and Bloat pada Adobe Illustrator dengan mudah dan lengkap. Namun pada Adobe Illustrator juga selain memiliki menu effect pucker and bloat tapi juga memiliki toolsnya seperti Pucker Tools dan Bloat Tools pada Adobe Illustrator.

Penjelasan Pucker Tools dan Bloat Tools pada Adobe Illustrator akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya, oleh karena itu tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

Desain Grafis, Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow