Prediksi Teknologi Smartphone di Masa Depan

27/01/2020    Surya Chandra Gobel    307     Teknologi

Smartphone layaknya sahabat, ke mana pun kita pergi, pasti kita membawanya. Tanpa smartphone kehidupan kita saat ini pasti sangatlah hampa, apalagi jika nanti smartphone lebih berkembang lagi dengan teknologi terbarunya, kita tidak akan pernah lepas dari smartphone. Di masa depan smartphone diprediksi akan mempunyai fitur-fitur canggih seperti berikut ini.

1. Layar Tanpa Bezel

Euforia smartphone dengan layar rasio 18:9 di tahun-tahun lalu begitu terasa, bahkan sudah menjadi primadona saat ini. Bukan tidak mungkin layar dengan rasio lebih dari 18:9 bakal bermunculan di tahun yang akan datang, bahkan mempunyai layar tanpa bezel.

2. Kamera Dalam Layar

Jika teknologi fingerprint saja bisa dilakukan di dalam layar, maka bukan tidak mungkin kamera akan dipendam ke dalam layar. Hal ini juga untuk terciptanya layar tanpa bezel, karena jika layar smartphone masih ada notch, bisa dikatakan bukan bezeless.

3. Baterai Tipis Tahan Lama

Dengan ukuran layar smartphone yang semakin memanjang dan melebar, memungkinkan ruang baterai semakin luas. Bisa juga ruang pada baterai sedikit, ukuran baterai diperkecil, tetapi baterai mempunyai teknologi yang membuatnya awet dipakai berlama-lama.

4. Charging Baterai Tanpa Kabel

Teknologi charging baterai tanpa kabel memang sudah ada sejak beberapa tahun lalu pada smartphone. Namun, tetap saja masih membutuhkan daya listrik. Kemungkinannya baterai smartphone di masa depan dapat di-charge menggunakan sumber daya matahari (panas matahari) atau dari sumber daya panas lainnya.

5. ID Virtual / Tanpa SIM Card

Sudah ada yang melakukan uji coba teknologi dengan tidak menggunakan SIM card pada smartphone. Hal ini dilakukan supaya tidak ada yang gonta-ganti identitas untuk berbuat kejahatan. Nah, di masa depan kemungkinan semua smartphone tidak ada lagi yang menggunakan SIM card, akan tergantikan dengan ID Virtual.

6. Layar Mengecil Kembali

Loh kok bisa ? Padalah saat ini sedang trennya layar berukuran luas. Tentu, bukan tidak mungkin layar kembali menjadi kecil, tetapi tingkat sensitivitas pada layar smartphone semakin responsive. Hal ini juga karena ukuran kantong pakaian yang pastinya semakin tidak muat untuk menampung smartphone yang ukurannya terlalu panjang dan lebar.

 

Di bawah ini merupakan Prediksi Teknologi Smartphone di Masa Depan yang sudah ditulis sebelumnya dan sebagian menjadi kenyataan.

Layar Rasio 18:9

Kita sudah merasakan euforia smartphone dengan layar rasio 18:9 di awal tahun yang lalu. Dengan begitu, sudah dipastikan smartphone dengan layar rasio 18:9 akan menjadi primadona di masa yang akan datang dan smartphone dengan rasio terdahulu akan mulai ditinggalkan.

Baterai Berkapasitas Jumbo

Dengan layar yang semakin memanjang, maka ruang untuk baterai pun semakin luas. Efek dari ukuran layar yang berubah membuat kapasitas baterai semakin besar. Hal ini bukan berarti membuat smartphone menjadi tidak layak digunakan, justru semakin baik, karena tidak perlu charge smartphone terus-menerus.

Finger Print Pada Layar

Biasanya letak finger print berada di bawah layar atau di luar layar. Pada teknologi smartphone yang akan datang finger print akan diletakkan pada layar. Hal ini tentu membuat smartphone menjadi terlihat lebih keren.

Banyak Kamera Pada Satu Smartphone

Di tahun sebelumnya biasanya kamera smartphone hanya disisipkan satu atau dua kamera. Namun, di masa yang akan datang, smartphone diprediksi mempunyai lebih dari 2 kamera. Bisa dua kamera di depan dan dua kamera di belakang atau 3 kamera di belakang dan 1 kamera di depan.

Voice Control

Sebenarnya teknologi ini sudah ada dari dulu, tetapi masih belum maksimal, karena keterbatasan fitur yang masih belum mengenal banyak bahasa dan suara. Namun, bukan tidak mungkin fitur voice control di masa depan akan menjadi primadona bagi yang malas mengetik pada layar smartphone.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang mungkin terdapat pada smartphone di masa depan. Jika kalian punya prediksi, kalian bisa berkomentar pada kolom komentar.

referensi: opini.id/topik/3835/prediksi-teknologi-smartphone-2018

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More