Perlu Mengetahui Dampak Smartphone Bagi Kesehatan Remaja Part II

02/02/2017    Alfiana Irsyada Salma    1588    Artikel Bebas

Smartphone memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang baik, namun tidak hanya itu saja, smartphone juga memiliki banyak dampak buruk yang perlu kalian ketahui. Pada artikel sebelumnya sudah sama – sama kita ketahui bahwa smartphone memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan remaja. Hari ini kita akan melanjutkan kembali mengenai dampak buruk lainnya pada smartphone, kalian perlu mengetahui dampak smartphone bagi kesehatan remaja Part II.

Mengganggu Pendengaran

Bagi kalian yang hobi mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone memang sangat asyik, apalagi ditengah – tengah keramaian atau saat jenuh dengan lingkungan sekitar. Namun, perlu kalian ingat bahwa mendengarkan musik di smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi dapat mengakibatkan pendengaran terganggu atau bahaya kecelakaan sata berkendara, dan masih banyak lagi dampaknya. Sebaiknya, kalian mendengarkan musik dengan volume rendah.

Mengurangi Interaksi Sosial

Ketika kalian sedang berkumpul dengan teman – teman, kebanyakan dari remaja kekinian sibuk menggenggam smartphone bukan sibuk berbincang – bincang dengan sesama teman. Sibuk dengan smartphone saat berkumpul bersama dapat mengurangi interaksi sosial, bahkan bisa terjadi lupa waktu karena asyik sendiri bermain game atau sibuk dengan smartphone.

Menyebabkan Obesitas

Remaja sekarang ini malas berolahraga, malahan terlalu asyik dengan chatting, streaming YouTube atau bermain game. Hal tersebut dapat mempengaruhi berat badan remaja, karena malas bergerak, dan tidak melakukan olahraga yang cukup. Keseringan fokus dan malas bergerak dapat menyebabkan obesitas bagi remaja, jadi bagilah waktu untuk berolahraga walaupun hanya 15 menit.

Penyakit Jantung Dan Stroke Dini

Penyakit jantung dan stroke tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berumur saja, melainkan para remaja pun bisa terserang penyakit tersebut. Bila kalian sering memainkan smartphone sebelum tidur dan malas berolahraga maka kalian beresiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya istirahat, tekanan darah menjadi tidak stabil, dan tidak berolahraga. Jika kalian tidak ingin terkena penyakit jantung dan stroke, sebaiknya perbaiki waktu saat bermain smartphone dengan olahraga, jangan terlalu keseringan menggenggam smartphone, dan jangan terlalu fokus bermain smartphone demi menjaga kesehatan diri sendiri.

Mulai sekarang para remaja, sebaiknya membatasi diri dalam penggunaan smartphone. Hal tersebut demi kebaikan diri sendiri dan demi kesehatan diri sendiri. Gunakanlah smartphone saat dibutuhkan saja, tidak harus setiap waktu membuka smartphone, atau kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Lock Me Out untuk mengontrol penggunaan smartphone agar tidak berlebihan. Jagalah kesehatan diri sendiri dan selamat mencoba berubah menjadi lebih baik, selamat mencoba.

Social Media, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow