Perlu Mengetahui Dampak Smartphone Bagi Kesehatan Remaja

Teknologi saat ini sudah berkembang begitu pesat, salah satunya ialah perkembangan teknologi smartphone. Teknologi smartphone kini tersedia berbagai pilihan jenis, sistem operasi, berbagai kualitas, dan mampu mengubah pola hidup seseorang. Kebanyakan pengguna tidak bisa hidup tanpa smartphone, sesungguhnya hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui dampak smartphone bagi kesehatan remaja.

Teknologi smartphone berkembang sangat pesat, namun banyak para pengguna smartphone yang tidak mengetahui dampak buruk karena keseringan menggunakan smartphone dapat menyebabkan tidak baik bagi kesehatan dan pola hidup manusia.

Sakit Kepala

Siapa yang tidak suka menggenggam smartphone lama – lama? Dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi gratis, dan fitur – fitur menarik smartphone menjadi idaman banyak orang, hingga menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Dampak utamanya ialah “Sakit Kepala”. Jika kalian dalam sehari pernah merasakan sakit kepala, kalian harus berhati – hati karena hal tersebut ialah dampak dari layar pada smartphone. Bagi para remaja yang sering menatap layar smartphone akan mengalami pola tidur yang tidak sehat, sehingga menyebabkan sakit kepala, karena terlalu sering menatap layar smartphoneoleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian hindari hal tersebut, diusahakan jangan terlalu lama atau jangan terlalu sering menatap layar smartphone.

Kecanduan

Para pengguna perlu mengetahui dampak smartphone bagi kesehatan remaja, karena sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa smartphone dapat menyebabkan seseorang “Kecanduan”. Jika kalian sudah kecanduan pada smartphone akan banyak dampak buruknya baik itu untuk pribadi maupun lingkungan sekitar. Kalian akan berfokus pada smartphone tanpa melihat lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah smartphone saat waktunya dibutuhkan.

Penglihatan Terganggung

Perlu kalian ketahui bahwa smartphone itu mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu. Jika kita terlalu lama melihat smartphone maka akan berkurang penglihatan hingga membuat pandangan menjadi kabur. Untuk menjaga mata agar tetap sehat selama menggunakan smartphone, para pengguna bisa menggunakan aplikasi “Bluelight Filter”, meskipun sudah menggunakan aplikasi tambahan, kalian jangan terlalu berlebihan menggunakan smartphone.

Mengurangi Daya Tangkap Otak

Tidak hanya mempengaruhi fisik saja, dampak dari smartphone pada remaja juga dapat berakibat fatal pada otak. Radiasi pada smartphone dapat mengurangi daya tangkap otak manusia, membuat daya nalar remaja menurun. Karena banyak remaja yang selalu mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai hal seperti merekam percakapan, mencari segala informasi di Google, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat otak tak terlatih untuk berpikir dan hanya terbiasa mengandalkan smartphone. Sebaiknya gunakanlah smartphone saat benar – benar diperlukan saja.

Kelainan Postur Tubuh

Jika kalian terlalu sering menggunakan smartphone seperti terlalu asyik chatting-an dengan teman, pacar, sahabat, dan lain sebagainya pasti kalian akan sering menggenggam smartphone hingga bungkuk – bungkuk, dan lainnya. Jika kalian pernah melakukan hal tersebut, sebaiknya tinggalkan sekarang juga. Karena, jika kalian terlalu sering seperti itu akan beresiko kelainan pada postur tubuh. Hal tersebut dapat membuat jari kelingking bengkak, pegal – pegal, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya kalian perlu mengetahui dampak smartphone bagi kesehatan remaja. Hindarilah hal – hal yang berlebihan, karena dapat menyebabkan hal yang tidak baik. Pada artikel selanjutnya akan dibahas kembali dampak buruk dari smartphone.

1 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat