Perbedaan Wifi 2,4 GHz dengan 5GHz

Pernahkah kalian membuka atau mengubah settingan wifi atau router kalian? Jika router kalian adalah router model baru, kalian akan mendapati sebuah settingan tentang pemilihan jaringan atau gelombang. Pada bagian tersebut ada dua pilihan, yaitu 2,4GHz dan 5GHz.

Pemilihan gelombang ini tidak akan mempengaruhi kecepatan internet saat browsing ataupun saat download. Setiap gelombang memiliki fungsi yang berberda-beda, seperti pada jaringan telepon atau yang lainnya.

 

 

Gelombang 2,4 GHz

Gelombang ini adalah gelombang paling sering dipakai oleh perangkat wireless seperti wifi, remote TV, Remote alarm mobil, dan masih banyak yang lainnya. Gelombang 2,4 GHz adalah gelombang yang sering digunakan Karena memiliki jarak jangkauan yang lebih luas, Gelombang ini sangat sering digunakan oleh banyak perangkat,  sehingga memungkinkan terjadinya gangguan saat router wifi kalian berada pada gelombang yang sama.

Penggunaan gelombang 2,4 GHz masih disarankan ketika kalian memiliki computer di kamar kalian, tetapi router yang kalian miliki berada di ruangan yang berbeda.

 

 

Gelombang 5 GHz

Gelombang 5 GHz ini adalah gelombang teknologi terbaru yang memang dibuat untuk pengalihan dari padatnya gelombang 2,4 GHz. Gelombang ini cukup tinggi dan stabil untuk saat ini. Namun gelombang tinggi ini memiliki kekurangan dalam daya jangkaunya yang lebih pendek.

Penggunaan Gelombang 5 GHz ini cocok bagi kalian yang memiliki computer dan router di satu ruangan yang sama. Koneksi dalam gelombang 5 GHz juga sangat direkomendasikan ketika kalian bermain game Karena lebih stabil

 

Dengan mengetahui perbedaan gelombang 2,4 GHz dengan gelombang 5 GHz, kita bisa lebih tepat menggunakan jaringan agar efektif.

Kesimpulannya pada gelombang 2,4 GHz memiliki jangkauan yang luas dengan kecepatan dan stabilitas yang agak kurang baik. Sedangkan untuk gelombang 5 GHz sebagai gelombang generasi baru tentu memiliki kualitas gelombang yang lebih stabil dan lebih cepat, namun memiliki kelemahan dalam jangkauan jaraknya.

Baiklah teman-teman demikian artikel kali ini yang membahas tentang perbedaan antara gelombang wifi 2,4 GHz dengan gelombang 5 GHz. Semoga dapat bermanfaat.

22 Juni 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat