Perbedaan Ecommerce, Marketplace, dan Online Shop

22/06/2017    Maykhel David    11292     Artikel Bebas

Aktivitas berbelanja online sudah mulai menjadi budaya tersendiri di Indonesia, cukup dengan terhubung pada internet, kita semua bisa langsung melihat barang-barang yang bisa kita pilih secara online untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Banyak sekali kemudahan dalam berbelanja secara online untuk saat ini. Banyak juga dari para penjual yang memberikan layanan untuk menanyakan spesifikasi produk yang ia jual. Layanan tersebut menjadi salah satu kunci utama sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli. Yang perlu kalian ketahui ada beberapa kategori dalam system penjualan secara online. Berikut adalah penjelasannya.

 

E-Commerce

E-commerce adalah sebuah website jual beli yang memungkinkan pembeli untuk memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, berdiskusi dengan penjual, lalu mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang ke penjual. Dan pada e-commerce ini barang yang ditampilkan adalah barang milik satu penjual,

 

MarketPlace

Marketplace adalah sebuah website jual beli yang mirip dengan E-Commerce seperti yang saya jelaskan diatas, dimana website ini memungkinkan pembeli untuk memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, berdiskusi dengan penjual, lalu mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang ke penjual melalui pemilik / pengelola website. System marketplace ini adalah sebuah website yang memberikan layanan kepada pengguna yang awalnya adalah pembeli untuk membuka toko sendiri dan menjual barang tertentu pada website tersebut. Contohnya adalah seperti tokopedia dan bukalapak.

 

Online Shop

Online shop ini yang sebenarnya adalah istilah dalam jual beli secara online. Online shop sendiri di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan sejak kedatangan aplikasi BlackBerry Messenger beberapa tahun silam. Online shop sendiri sudah meliputi e-commerce dan marketplace, tidak jarang juga banyak penjual memasarkan produknya melalui jejaring social seperti facebook, Instagram, BBM, Line, atau Whatsapp. Dan tidak menutup kemungkinan untuk terjadi tawar-menawar ketika kita berjualan melalui media social.

 

Pada dasarnya semua aktivitas berjualan secara online adalah termasuk kategori online shop tergantung menurut kalian lebih efektif mana dari system diatas. Demi kenyamanan sebagai pembeli biasakan untuk tanya dahulu ketika ingin berbelanja atau membeli barang secara online untuk kerugian kerugian yang ada.

Artikel, website

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More