Perbedaan Antara Reseller dan Dropshipper (Pengertian dan Penjelasan Singkat)

26/02/2019    Surya Chandra Gobel    2853     Marketing

Dalam dunia online marketing, kita pasti sudah tidak asing mendengar istilah Reseller dan Dropshipper. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak tau perbedaan antara kedua istilah tersebut. Padahal kedua istilah tersebut sangat penting untuk diketahui, jika tidak dicari tau, maka bisa menjadi perbedaan pendapat ketika ingin memulai bisnis online di dunia internet marketing. Nah, supaya tidak bingung, berikut ini Perbedaan Antara Reseller dan Dropshipper.

yang dimaksud Reseller ?

Singkatnya, Reseller adalah pelaku yang menjual kembali produk yang dibeli dari Supplier atau Distributor. Contoh, Penjual A menjadi seorang Agen Telur Ayam dengan membeli produk yang cukup banyak dari Distributor. Kemudian produk yang dibeli dalam quantity yang cukup banyak dari Distributor tersebut dijual kembali kepada End User.

Berikut ini Analogi Reseller :

Distributor - Reseller - End User

yang dimaksud Dropshipper ?

Sedangkan, Dropshipper adalah agen atau penjual yang menjual kembali produk dari supplier atau distributor, tetapi tidak memiliki produknya (dropship). Jadi, Dropshipper hanya memunculkan atau menjual informasi dari suatu produk. Contoh, Penjual A membuat akun di sebuah marketplace seperti Tokped, lalu membuat post produk beserta informasi produk tersebut, jika laku atau ada yang order, maka yang mengirim barang kepada End User adalah Supplier atau Distributornya, bukan agen atau si Penjual A tersebut.

Berikut ini Analogi Dropshipper :

Dropshipper - Distributor - End User

Note:

Reseller dan Dropshipper bisa disebut juga sebagai agen, tetapi sangat mudah untuk membedakannya, yaitu dari fisik produk yang dimiliki. Contohnya Reseller memiliki produk fisik dari suppliernya, tetapi Dropshipper tidak memiliki fisik produknya dan hanya menjual informasi produk dari suppliernya. Jadi, untuk menjadi seorang Dropshipper atau pelaku bisnis, kita tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menjual produk dari Supplier.

referensi: fredicksonsinaga.blogspot.co.id/2013/05/perbedaan-antara-reseller-dan.html

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More