Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Yang Lambat

17/03/2017    Alfiana Irsyada Salma    1784     Teknologi

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang dapat membantu Anda menyelesaikan segala macam pekerjaan, baik itu pekerjaan kantor, kuliah, maupun sekolah. Sangat disayangkan dan sangat menyulitkan bila laptop yang selalu kita andalkan menjadi lambat kinerjanya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kalian akan mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop yang lambat.

Install Aplikasi

Hal pertama yang menjadi penyebab lambatnya kinerja laptop ialah “Terlalu banyak meng-install aplikasi”. Perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak kita sadari berjalan di belakang layar saat kita menjalankan laptop, padahal aplikasi tersebut tidak dipakai. Cara untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kalian uninstall aplikasi yang sekiranya tidak kalian pakai atau yang tidak penting segera di uninstall.

File Di Dalam Hardisk

Selanjutnya penyebab dan cara mengatasi laptop yang lambat ialah “Terlalu banyak file yang tersimpan di dalam hardisk”. Banyakanya file seperti file dokumen, gambar, musik, dan film yang melebihi ukuran batas hardisk, hingga space atau ruang kosong hardisk hanya tersisa kurang dari 3 GB, hal tersebut dapat menyebabkan kinerja laptop mengalami kelambatan. Cara mengatasinya ialah menghapus file – file yang menurutmu tidak penting dan tidak digunakan. Cara tersebut dapat membantu menambahkan space yang ada di hardisk. Cara lainnya bisa juga memindahkan dokumen kedalam cloud, cara tersebut sangat tepat agar hardisk memiliki space kosong yang lebih banyak.

Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Sebaiknya kalian jangan memaksakan laptop bekerja untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan, karena akan menyebabkan lambatnya kinerja laptop dan akan sering mengalami “Not Responding” ketika ingin menjalankan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu memaksakan, jalankan aplikasi secara berurutan atau satu – satu yang kalian rasa lebih penting. Jika sudah selesai langsung tutup dan ganti dengan aplikasi lain yang dibutuhkan, supaya menjaga kinerja laptop agar lebih ringan.

File Temporary Menumpuk

File temporary merupakan file yang bersifat sementara, dibuat secara otomatis oleh sistem Windows atau suatu program untuk menyimpan data sementara ketika file sedang digunakan. File temporary akan terhapus secara otomatis jika suatu program ditutup, namun terkadang ada juga yang tertinggal dan menyebabkan lambatnya laptop. Cara mengatasinya, sebaiknya menghapus file temporary dengan menggunakan bawaan Windows, yakni Disk Cleanup atau kalian bisa menggunakan CCleaner.

Install Ulang Windows

Cara terakhir jika belum memuaskan, satu – satunya cara untuk mengatasi laptop agar tidak lambat bisa install ulang Windows. Dengan cara install ulang kembali kalian akan dengan ringan menggunakan laptop seperti baru lagi, lebih kencang, dan lancar.

Penyebab dan cara mengatasi laptop yang lambat dapat kalian lakukan dengan mudah, hal – hal tersebut berguna untuk mempercepat kinerja laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More