Pentingnya Sebuah Website dalam Bisnis

23/02/2017    Aulia Rahmah Alhafidz    1293     Marketing

Dengan berkembangnya teknologi dalam era digital ini, setiap orang banyak memanfatkan internet untuk mencari dan belajar banyak hal. Seperti membeli produk atau jasa, mencari tugas sekolah atau kuliah, belajar memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang, dan lain-lain.

Dan dari semua yang dilakukan di internet, mereka bisa menemukan hal yang mereka mau melalui apa? Yap, tentu saja melalui sebuah website. Sudah tidak dapat kita pungkiri lagi, saat ini sebuah website bisa menjadi hal yang sangat penting dalam banyak hal. Mulai dari blog, portfolio online, sekolah, perusahaan, toko online dan lain-lain membutuhkan sebuah website.

Tentu saja bisnis yang membutuhkan banyak pelanggan membutuhkan sebuah website. Lalu, apa sebenarnya pentingnya sebuah website dalam bisnis? Seberapa besar pengaruhnya terhadap calon customer yang akan menjadi customer tetap Anda?

Inilah pentingnya sebuah website dalam bisnis:

1. Memberikan Informasi tentang Bisnis Anda

Dengan sebuah website, Anda bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda mulai dari produk yang Anda jual, profil bisnis Anda, kontak yang bisa dihubungi, testimoni dan lain-lain. Sudah bukan hal yang asing lagi, saat pertama kali kita akan membeli sebuah produk atau jasa, hal pertama yang dilakukan adalah mencari informasi terlebih dahulu.

Dan jika produk atau jasa yang akan dibeli memiliki sebuah website, akan menjadi nilai plus karena orang bisa dengan mudah percaya karena dalam website bisa menjelaskan banyak hal yang ingin ditanyakan oleh calon customer.

 

2. Terlihat Lebih Professional

Bisnis yang memiliki sebuah website akan terlihat lebih professional dan menunjukkan bahwa produk atau jasa yang mereka jual eksklusif. Sebagai orang yang pernah menjadi pelanggan suatu produk atau jasa, sudah sangat jelas bahwa produk atau jasa yang memiliki website memang meyakinkan.

 

3. Menjangkau Lebih Banyak Customer

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Dan karena website itu sendiri bisa diakses dengan cara membuka internet, calon customer yang bisa dicapai bisa lebih banyak. Tidak hanya calon customer yang berada di dekat lokasi bisnis Anda, tapi bahkan yang jauh dengan lokasi bisnis Anda.

 

4. Biaya yang Sedikit untuk Menjangkau Ribuan Calon Customer

Ada banyak sekali layanan yang bisa digunakan untuk membuat produk atau jasa yang Anda kelola dikenal oleh banyak orang. Seperti contohnya Google Ads atau Facebook Ads. Cukup dengan membayar biaya yang sedikit, Anda bisa menjangkau ratusan, ribuan bahkan lebih banyak customer.

Jika dengan memiliki website bisa mendatangkan banyak customer, tidak ada salahnya bukan dengan membayar biaya yang sedikit? Tentu saja keuntungan yang Anda dapat akan lebih besar dari pembayaran website (hosting + domain) dan juga ads.

 

5. Menganalisa Calon Customer yang Tertarik

Dengan banyaknya tools yang ada saat ini, Anda bisa melihat analisa kemungkinan calon customer yang tertarik dengan produk atau jasa Anda melalui "klik" ke website Anda. Contohnya adalah Google Analytics. Anda bisa melihat berapa banyak orang yang masuk ke halaman website kita, melacak dari kota apa, usia berapa, dan kategori lainnya yang tentu saja sangat berguna untuk meng-improve strategi pemasaran produk atau jasa Anda.

 

6. Mendapatkan Partner untuk Kerja Sama

Tidak hanya mendapatkan calon customer dengan memiliki sebuah website, Anda memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan partner kerja. Biasanya, ada banyak perusahaan yang mencari partner untuk bekerja sama, dengan adanya website, tentu saja para pemilik perusahaan bisa melihat informasi tentang bisnis Anda.

Dan tentu saja ini hal yang menguntungkan karena bisnis yang Anda kelola bisa dengan mudah berkembang dengan adanya kerja sama dengan perusahaan lain.

 

7. Mempermudah Komunikasi

Anda mungkin sering melihat website yang memiliki layanan live chat. Nah, dengan adanya website, komunikasi bisa menjadi lebih mudah. Entah itu dengan calon customer atau dengan calon partner kerja Anda. Selain dengan menggunakan live chat, Anda juga bisa menggunakan form contact us pada website Anda.

Dan jangan lupa juga untuk menampilkan informasi kontak yang lengkap. Siapa tahu calon customer Anda langsung menghubungi kontak tersebut.

Itu dia penjelasan mengenai pentingnya sebuah website dalam bisnis. Bagaimana? Bukankah penting untuk memiliki website? Jadi, jika Anda belum memiliki sebuah website, segeralah buat website. Dan bagaimana jika Anda belum bisa membuatnya? Jika Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menggunakan jasa pembuat website seperti contohnya DUMET Development. Dan jika Anda punya banyak waktu luang, Anda bisa belajar membuatnya melalui internet atau pun kursus website di DUMET School.

Semoga artikel ini bermanfaat ya :)

Inspirasi, website

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More