Pengetahuan Dasar Copywriting yang Perlu Kamu Ketahui

21/06/2019    Surya Chandra Gobel    184     Marketing

Pada pelaksanaannya copywriting merupakan gabungan antara seni dan pengetahuan. Tujuannya bisa jadi untuk mendorong pembaca membeli produk, memakai jasa, atau meningkatkan konversi penjualan. Sehingga, tak berlebihan bila kamu menyebut copywriter sebagai pihak marketing bagi sebuah perusahaan. Intinya copywriter berperan besar dalam menggerakan masyarakat atau target pasar.

Copywriter adalah seseorang yang mengetahui kebutuhan bahkan karakter target pasarnya dan kemudian memutuskan konten (tulisan) seperti apa yang dapat menarik mereka untuk tidak sekadar membaca, tetapi juga bertindak. Mereka biasa juga disebut sebagai pekerja kreatif.

Berkaitan dengan SEO, seorang copywriter yang bekerja di dunia SEO, disebut sebagai seorang SEO copywriter. Sebab ia harus menyesuaikan kontennya dengan kondisi dan aturan yang ada dalam dunia SEO tersebut. Kemudian menyesuaikan diri juga dengan mesin pencari seperti Google yang menjadi penentu nasib apakah konten yang terdapat pada website perusahaan akan mendapatkan peluang untuk diakses para pengguna.

Jika kamu seorang penulis seperti Blogger, Content Writer atau Sejenisnya, kamu harus menjaga kreativitas dan terus mengasah kemampuan menulis. Jangan sampai kamu mendapat hambatan dalam membuat konten. Berikut ini beberapa tips Pengetahuan Dasar Copywriting yang Perlu Kamu Ketahui.

Mengenali Diri Sebagai Copywriter

Seperti pembahasan sebelumnya, seorang copywriter pasti mempunyai target yang ingin dicapai. Oleh karena itu, copywriter perlu mengetahui pengetahuan dasar, bahkan mendalam tentang psikologi manusia, terutama segmentasinya. Selain itu, teori komunikasi media massa juga perlu dimiliki seorang copywriter agar mengetahui cara efektif dalam menyampaikan pesannya sesuai dengan penerima.

Kita perlu menyadari bahwa sebenarnya hampir tidak ada orang yang mau peduli pada bisnis yang kita bangun dan kembangkan. Orang-orang hanya ingin mencari apa yang mereka butuhkan saja. Oleh karena itu, cobalah untuk memperhalus cara memasarkan bisnis melalui konten (tulisan). Jika ditinjau dari sisi psikologi, pesan akan mudah diterima melalui alam bawah sadar si penerima daripada disampaikan secara langsung.

Cobalah melakukan promosi seolah-olah kamu hanya membagikan kepada seseorang saja. Buatlah orang-orang tersebut merasa lebih intens, memperkenalkan dirimu sebagai penulis lebih dekat secara personal. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan dari mereka, sehingga suatu saat mereka akan mencari lagi konten (tulisan) buatanmu.

Cobalah sesuaikan gaya bahasamu sebagai copywriter dengan gaya bahasa mereka pada umumnya. Jangan sampai tulisanmu yang sebenarnya mudah dibaca, malah membuat mereka tidak mau membacanya, karena bingung dengan bahasa yang jarang mereka dengar.

Menerapkan Teknik yang Baik dan Benar

Kamu harus bisa memikat perhatian pembaca dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya lama waktu tersebut berkisar 10 detik. Lalu dalam waktu sesingkat itu, bagaimana kamu menarik perhatian mereka ? Salah satunya pemilihan kata pada judul. Judul yang kamu buat bisa berbau sensasional atau bisa disebut click bait. Namun, kamu perlu perhatikan relenvansi antara judul dengan isi konten, bersifat menipu atau tidak.

Selanjutnya, setelah kamu berhasil membuat pengunjung untuk mengklik sebuah tautan, kamu harus membuat mereka tetap tertarik terhadap seluruh konten yang ada. Ada beberapa hal yang perlu dimasukkan ke dalam konten agar dapat mempertahankan ketertarikan mereka. Misalnya konten yang membuat mereka perlu tau dan perlu untuk membacanya, jika tidak mereka akan ketinggalan informasi penting, yang mana akan menjadi bahan perbincangan orang banyak yang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Kemudian, menimbulkan hasrat kepada seseorang agar ada keinginan untuk memiliki apa yang kamu tawarkan, seperti produk, jasa atau pun ide. Salah satu contohnya, yaitu manfaat pada sebuah gadget yang dapat mempercepat kinerja seseorang, daripada menawarkan fitur yang tidak begitu diperlukan.

Terakhir, membuat seseorang benar-benar memiliki hal tersebut daripada hanya berangan-angan. Kamu harus dapat membuat seseorang tersebut melakukan transaksi atas apa yang sepenuhnya kamu tawarkan, baik itu produk, jasa atau pun ide.

referensi: www.dewaweb.com/blog/seo-copywriting/

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More