Pengertian Selector, Property Dan Value Pada CSS

12/12/2017    Risman Hakim    6356     Website

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai apa itu CSS dan mengenal Jenis-Jenis CSS (Inline, Internal, Eksternal). Kali ini saya akan melanjutkan artikel masih mengenai CSS yakni Pengertian Selector, Property Dan Value Pada CSS. Kita tahu bahwa CSS sangat penting sekali untuk tampilan website, bagaimana tampilan website tidak memakai CSS ? tentu akan sangat kaku dan tidak menarik untuk dilihat, karena pada dasarnya CSS merupakan bahasa pendamping HTML yang akan mengatur semua struktur kode HTML menjadi sebuah website. Pada CSS ada beberapa istilah yang bisa kita temukan misalnya saja Selector, Property dan Value. Nah, mungkin diantara kalian ada yang masih bingung dengan istilah yang ada pada CSS atau mungkin ada yang lagi belajar mengenai HTML dan CSS tentu ini akan sangat membantu sekali.

1. Selector

Selector merupakan suatu cara dimana kita ingin mengelompokan kode-kode didalam CSS dan juga merupakan aturan yang digunakan untuk memisahkan kode-kode dengan target berbeda. Selector digunakan untuk memanipulasi tag HTML yang ingin diberikan style. Misalnya tag h1, p, a, dan tag lainnya.

2. Property

Property merupakan suatu jenis style CSS yang berfungsi memberikan style pada selector yang telah ditentukan. Property pada CSS sangat banyak sekali. Misalnya property yang biasa kita temukan adalah background-color, color, font-family, font-size, margin, padding dan masih banyak lagi dan semua itu dapat dipakai untuk selector apapun.

3. Value

Value merupakan nilai dari property dimana value telah ditentukan pasangannya dengan property yang ada. Dan tidak bisa sembarangan dalam meberikan value pada setiap property. Misalnya property color tidak bisa diisikan dengan value bold.

CSS telah menentukan rumus baku dimana cara penulisan selector, property dan value seperti berikut ini.

Selector {property1: value1; property2: value2;}

Pengertian Selector, Property Dan Value Pada CSS

Dengan demikian kita diharapkan tidak lagi salah dalam penempatan posisi pada selector, property maupun value pada CSS. Baiklah, itu tadi pembahasan mengenai Pengertian Selector, Property Dan Value Pada CSS, semoga bermanfaat.

Artikel, HTML CSS, website

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More