Pengertian, Manfaat dan Aturan Membuat Internal Link

Pengertian, Manfaat dan Aturan Membuat Internal Link - Internal link merupakan salah satu dari teknik SEO yang biasa diterapkan untuk mengoptimasikan blog. Meskipun terbilang lama, tetapi internal link masih sangat bermanfaat untuk diterapkan. Belajar SEO memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencapai hasil yang maksimal.


Diperlukan juga untuk melakukan internal link, agar pengunjung bisa mengetahui artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang mereka baca. Jadi, mereka akan lebih nyaman berlama-lama di dalam blog kamu.

Pengertian Internal Link

Internal link adalah sebuah link dari satu halaman menuju halaman yang lainnya di dalam sebuah blog yang sama yang isinya masih berkaitan. Atau kata lainnya adalah artikel yang dibuat bisa nge-link ke artikel lainnya. Ini merupakan cara untuk mengurangi bounce rate.

Dengan menurunnya bounce rate itu berarti Google menilai bahwa blog kamu berkualitas karena membuat pengunjung bisa berlama-lama membaca artikel kamu. Sedangkan, jika bounce rate tinggi itu artinya pengunjung merasa bosan dengan artikel yang sudah kalian publish (langsung pergi meninggalkan blog tanpa memberikan komentar ataupun backlink).

Manfaat Internal Link

Jika teman-teman sudah membaca pengertian internal link diatas, pasti teman-teman sudah mengerti ya apa manfaat yang dihasilkan dari teknik SEO ini. Semakin banyak halaman yang di akses oleh pengunjung, maka semakin baik pula blog kita dipandangan Google / mesin pencari.

Nantinya, Google akan lebih banyak meng-index halaman blog dan artikel yang kamu buat. Dan ini akan berdampak baik juga bagi kesehatan blog hehe karena, blog akan lebih sering muncul di hasil pencarian.

Aturan Membuat Internal Link

Jangan langsung membuat internal link tanpa tau aturan apa saja yang berlaku ya. Berikut adalah aturan membuat internal link di dalam sebuah artikel :

  • Artikel yang dijadikan internal link adalah artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibahas.
  • Gunakan maksimal 3 internal link di dalam satu postingan artikel, karena jika lebih dari 3 akan dianggap spam oleh Google.
  • Menggunakan anchor text yang unik sehingga pengunjung mau untuk klik ke halaman berikutnya.

Semoga bermanfaat! smiley

13 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat