Page Numbering Style pada InDesign

11/04/2017    Raditya Noveraldo    3465     Desain

Mungkin beberapa dari kalian agak sedikit merasa kesulitan mencari materi atau artikel artikel yang update ataupun secara detail dijelaskan seputar materi design khususnya Adobe Indesign. Faktanya software besutan Adobe ini agak sedikit sekali artikel tutorial yang disediakan di mesin pencari.

Tutorial Adobe Indesign memang kalah banyak dibanding Adobe Photoshop ataupun Illustrator. Oleh karena itu saya akan menyajikan tutorial atau materi artikel Adobe Indesign secara lengkap dan mudah dipahami untuk membantu perkembangan ilmu design kalian.

Pada kali ini saya akan menyajikan materi yaitu mengenal jenis Page Numbering Style pada Adobe InDesign secara lengkap dan mudah. Berikut adalah materinya :

Saya ingatkan sekali lagi bahwa Adobe InDesign ini adalah software untuk layouting seperti Buku, Majalah, ataupun lainnya. Karena tujuan design yang seperti itu maka sering dibutuhkannya nomor halaman pada tampilan layout tersebut.

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat penomoran halaman, silahkan kalian cek pada link dibawah ini :

Baca juga : Membuat Halaman Angka Romawi Di Indesign

Namun yang perlu kalian ketahui lagi adalah penomoran halaman pada Adobe Indesign itu tidak hanya angka romawi saja yang seperti dijelaskan pada Artikel diatas, namun masih banyak lagi. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskannya secara detail tentang jenis Page Numbering Style itu.

Kita bisa cek Page Numbering Style itu di indesign dengan cara Klik kanan pada Page lalu pilih Numbering And Section Option. Sehingga akan muncul windows seperti berikut :

Page Numbering Style pada InDesign

Perhatikan terdapat option style, yang atas dan bawah. Namun untuk style penomoran halaman gunakan yang atas. Klik option tersebut maka aka nada beberapa pilihan, perhatikan gambar dibawah:

Page Numbering Style pada InDesign

Beberapa style seperti :

  • Angka biasa (1,2,3….)
  • Angka biasa dengan dua digit (01,02,03…)
  • Angka biasa dengan tiga digit (001,002,003,…)
  • Angka biasa dengan empat digit (0001,0002,0003,…)
  • Huruf Besar (A,B,C…)
  • Romawi Besar (I,II,III…)
  • Huruf Kecil (a,b,c….)
  • Romawi Kecil (i,ii,iii,…)

Sayang sekali untuk option ini kita tidak bisa custom stylenya, hanya bisa memilih saja. Dan jika kalian sudah mengetahui Page Numbering Style ini, kalian bisa memanfaatkannya seperti pada artikel dibawah ini :

Baca Juga : Halaman Romawi dan Angka pada Satu File Indesign

Jadi kalian bisa combine atau gabungkan penomoran halaman sengan style yang sudah saya jelaskan. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba, terima kasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More