Option Text Wrap pada Indesign

09/05/2017    Raditya Noveraldo    1814     Desain

Siapa yang sudah pernah menggunakan Adobe Indesign? Jika sudah mungkin kalian sudah terbiasa dengan melihat option option yang ada, dimana option option tersebut berhubungan dengan pengaturan text kebanyakannya.

Bagi kalian yang belum pernah mencoba atau belum terbiasa akan Software buatan Adobe yang dikhususkan untuk tata letak majalah ataupun buku ini, akan saya berikan sebuah materi tentang salah satu option fitur yang terdapat pada Adobe Indesign dengan jelas dan lengkap.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang Option Text Wrap Around pada Adobe Indesign secara lengkap dan mudah. Text Wrap adalah fitur yang terdapat pada Software Adobe untuk memberikan effect teks menghindar dari sebuah object berupa foto ataupun shape, sehingga teks tersebut tidak menutupi object tersebut.

Selain terdapat pada Adobe Indesign, fitur Text Wrap ini juga terdapat pada Adobe Photoshop juga maupun Ms.Word. Namun, mungkin pengaturan pada Adobe Indesign ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding lainnya.

Baca juga :

Text Wrapping pada Adobe InDesign

Untuk cara penggunaanya kalian bisa membaca link Text Wrapping pada Adobe InDesign, saya akan menjelaskan option yang terdapat pada menu Text Around pada Adobe Indesign secara lengkap, perhatikan gambar berikut :

Option Text Wrap pada Indesign

Cara memuncukannya kalian pilih menu Windows > Text Warp. Pada option pengaturan tersebut terdapat beberapa pilihan antaranya:

  • No Text Wrap

Berarti tanpa ada effect Wrap.

  • Wrap Around Bounding Box

Akan membuat text menghindar mengikuti bentuk ukuran frame yang terdapat diatas text.

  • Wrap Around Object Shape

Akan membuat text menghindar mengikuti bentuk object shape yang terdapat diatas text.

  • Jump Object

Akan membuat text menghidar sebesar baris yang dibuat object sehingga bagian kiri dan kanan object tidak akan terdapat text.

  • Jump To Next Column

Akan membuat text menghindar menuju text frame selanjutnya.

Dan juga terdapat option pengaturan untuk mengatur besar kecilnya area yang akan diberi Text Wrap dengan mengatur Ofsetnya.

Option Text Wrap pada Indesign

Gimana mudah bukan untuk menggunakan Option Text Wrap Around pada Adobe Indesign secara lengkap dan mudah. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More