Nama-Nama Penemu Social Media yang Wajib Kamu Ketahui

Tak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang semuanya sudah serba praktis dan mudah. Salah satunya adalah kemudahan untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Bila dulu orang-orang mengandalkan surat untuk berkomunikasi, kini semuanya dilakukan dengan lebih praktis dengan adanya beberapa media komunikasi berupa telepon dan sosial media.

Saat ini ada beberapa sosial media yang dikenal oleh masyarakat. Beberapa media sosial ini seakan telah menjadi komponen yang penting dalam gaya hidup zaman sekarang. Tapi taukah kamu siapa saja penemu media sosial yang sering kamu gunakan? Di bawah ini kami telah membuat rinciannya untuk kamu.

1. Facebook

Aneh rasanya jika orang-orang zaman sekarang tidak ada yang tau Facebook. Social networking sekaligus social media ini menempati urutan kedua setelah Google versi Alexa rank. Bisa dibilang Facebook merupakan social media terpopuler saat ini. Hampir semua golongan mempunyai akun di social networking ini. Namun, taukah kalian, siapa penemu Facebook ?

Mark Zuckerberg, dia adalah seorang pria yang berasal dari Amerika yang telah mendirikan Facebook pada tahun 2004. Social media ini didirikan bersama teman-teman sekamarnya ketika Mark masih menempuh pendidikan di Universitas Harvard.

2. Instagram

Social media yang satu ini juga sangat terkenal, yaitu social media untuk sharing foto dan video. Berbagai macam jenis gambar dan video bisa di-upload dan di-share sesuka hati penggunanya. Bagi kalian yang tidak mau kehilangan foto dengan momen penting bisa langsung upload ke social media ini. Berbagai macam fitur terbaru juga disematkan pada aplikasi Instagram.

Nah, pertanyaannya, siapa penemu social media ini ? Banyak yang bilang Instagram ini merupakan milik Facebook, memang benar, tetapi hanya diakuisisi. Penemu Instagram sebenarnya, yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010.

3. WhatsApp

Dahulu BBM merupakan social media untuk mengirim pesan atau sharing foto paling populer, karena smartphone BlackBerry sedang booming saat itu. Namun, semenjak smartphone Android muncul, Whatsapp semakin berkembang, Whatsapp lebih ringan, lebih cepat dalam hal mengirim pesan serta adanya fitur tambahan yang lebih baik daripada BBM. Untuk register atau membuat akun di aplikasi ini kalian harus memakai nomor telepon aktif.

Lalu siapakah penemu Whatsapp ini ? Whatsapp ditemukan oleh Jan Koum dan Brian Acton WhatsApp, lalu dikembangkan oleh WhatsApp Inc. pada tahun 2010.

4. Snapchat

Aplikasi social media ini langsung melambung ketika pertama kali diperkenalkan. Snapchat merupakan aplikasi berbagi video online dan juga berbagi berbagai macam file kepada sesama pengguna.

Penemu aplikasi ini, yaitu Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown ketika mereka masih kuliah di Universitas Stanford.

5. BlackBerry Messenger (BBM)

BBM merupakan aplikasi kirim pesan paling lama di antara aplikasi kirim pesan lainnya. Agar kalian bisa saling terhubung satu dengan lainnya, kalian perlu menggunakan PIN yang diketahui satu sama lain. Walau pun semakin banyak aplikasi kirim pesan, BBM tetap menjadi aplikasi terpopuler hingga saat ini.

BBM sudah berdiri sejak tahun 2005 oleh BlackBerry Ltd yang dipimpin oleh Mike Lazaridis.

6. LINE

Layanan perpesanan instan yang satu ini termasuk populer, karena banyak fitur terbaru yang membuat pengguna tidak bosan dengan aplikasi ini. Yang membuat aplikasi ini lebih menarik, karena adanya sticker keren dan lucu yang bisa dijadikan emoticon dalam pesan yang kita kirim.

Aplikasi social media messenger ini pertama kali ditemukan oleh pekerja dari NHN Jepang yang merupakan cabang dari mesin pencarian populer di Korea, Naver. Kemudian dikembangkan pada tahun 2011 oleh Line Corporation bersama beberapa penemu dari Jepang, Korea, dan Amerika.

7. Twitter

Dahulu social media tempat berkicau dengan 140 karakter huruf ini sangat populer, karena social media ini monoton, akhirnya banyak orang meninggalkan social media ini. Selain monoton, banyak bot dan spammer bertebaran di social media ini. Ada kabar jika twitter akan dibuat seperti portal berita dengan menyajikan kabar yang sedang booming di dunia.

Penemu Twitter, yaitu 4 sekawan asal Amerika bernama Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone, dan Noah Glass yang ditemukan pada tahun 2006.

Masih banyak lagi penemu social media lainnya yang paling berpengaruh di dunia. Namun, tidak dapat saya bahas semuanya, tetapi tetap tunggu update-nya terbaru pada artikel ini.

26 Januari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat