Mengenal Plugin Filter pada Adobe Photoshop

Photoshop adalah salah satu software pengolah gambar yang memiliki fitur lengkap yang dibuat oleh Adobe. Namun terdapat banyak produk tambahan yang bisa dipakai didalam Photoshop untuk melakukan berbagai macam hal. Produk-produk ini disebut dengan istilah plugin.

Untuk Mengenal Plugin Filter pada Adobe Photoshop kita harus mengetahui apa itu Plugin. Plugin adalah software tambahan yang berguna untuk menambah fitur sebuah software. Plugin dikembangkan untuk hanya dapat digunakan oleh produk tertentu saja. Plugin untuk keluarga produk Adobe misalnya, biasanya bisa dipakai di lebih dari satu produk.

Artikel ini akan menjelaskan plugin filter, seperti pembahasan diatas tentang plugin berarti arti dari plugin filter pada photoshop adalah alat tambahan pada photoshop yang menyediakan filter-filter atau efek-efek yang belum ada pada Photoshop secara default.

Plugin filter adalah plugin yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna yang sangat membutuhkannya. Para produsen plugin filter menawarkan berbagai efek dan kepraktisan kepada para pengguna Photoshop. Dengan plugin, bahkan efek atau retouch yang sebelumnya perlu dilakukan oleh seorang pengguna Photoshop yang cukup ahli, seperti menghilangkan mata merah kamera atau melakukan seleksi gambar yang rumit, dapat dilakukan seorang pemula hanya dengan satu pilihan menu. Banyak plugin filter yang berbayar, tapi ada juga yang gratis.

 

Biasanya plugin filter dapat diakses melalui menu Filter Photoshop dan biasanya posisinya agak paling bawah dari menu filter. Contohnya Filter > Digimarc > Embed Watermark, plugin ini merupakan plugin yang disediakan oleh Digimarc dan sudah terdapat dalam keadaan standar Photoshop.

Instalasi Plugin Baru

Jika Anda memiliki file plugin yang ingin Anda pasang, Anda bisa melakukan dua cara antara lain :

·         Pertama, pilih menu Edit > Preferences > Plug-ins.. preferences ini ada paling bawah di menu ini. Kemudian akan ada pop-up menu setting disana, kemudian centang additional plug-ins folder kemudian pilih dimana letak plugin yang anda simpan kemudian ok.

·         Kedua, Anda bisa mempaste file plugin Anda ke dalam direktori plugin default Photoshop. Jika anda tidak mengetahui dimana letak folder default dari photoshop anda dapat mengikuti ini Program Files\Adobe\Adobe Photoshop\Plug-Ins" untuk Windows atau Applications\Adobe Photoshop\Plug-Ins" untuk Mac OS, setelahnya restart Photoshop anda maka plugins sudah ada.

Setelah anda Mengenal Plugin Filter pada Adobe Photoshop dan bagaimana cara untuk menginstalnya semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas maupun karya-karya anda. Semoga bermanfaat :) Tetap nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com terimakasih.

21 November 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat