Mengenal Live Corner di Adobe InDesign

08/02/2017    Raditya Noveraldo    1178     Desain

Halo semuanya kembali lagi bersama saya di artikel artikel tutorial di dumetschool.com dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang sebuah perintah yang ada di Adobe InDesign yaitu kita akan belajar Mengenal apa itu Live Corner di Adobe InDesign dengan cepat dan mudah.

Adobe InDesign merupakan aplikasi untuk menlayout sebuah design terutama seperti buku, majalah, bahkan company profile. Tidak jarang selain pengaturan text yang kita kerjakan pada Adobe InDesign kita sering kali membutuhkan object object unik untuk melengkapi desain kita di Adobe InDesign.

Kebutuhan bentuk unik ini yang akan saya bagikan pengalamannya kepada kalian. Di Adobe InDesign memang bentuk shape terlalu sedikit, Cuma terdapat Rectangle, Ellipse dan Polygon saja. Sedikit sekali untuk sebuah bentuk. Oleh karena itu kita harus Mengenal Live Corner di Adobe InDesign karenanya kita dapat mengedit bentuk khususnya rectangle menjadi rounded pada sudutnya.

Kalian juga sudah mengetahui apa itu Corner Option pada Adobe InDesign sebelumnya? Jika belum silahkan baca artikel berikut ini.

Mengenal Corner Option pada Adobe InDesign

Kenapa saya kalian harus membaca atau mengenal Corner Option terlebih dahulu karena jika kalian mengetahuinya, pada perintah tersebut juga menyajikan beberapa pengeditan bentuk sudutnya pada segala bentuk object yang ada sutunya seperti Rectangle dan Polygon namun pada Live Corner ini kita hanya akan bisa mengedit sudut dari sebuah Rectangle saja.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian pilih menu View > Extras > Show Live Corner jika sudah coba lah buat sebuah rectangle pada Adobe InDesign seperti berikut:

Mengenal Live Corner di Adobe InDesign

Kemudian coba kalian klik menggunakan Selection tools, maka perhatikan pada rectangle tersebut terdapat atau munvul kotak kecil berwarna kuning, seperti berikut :

Mengenal Live Corner di Adobe InDesign

Kotak kuning tersebut adalah Fitur Live Corner pada Adobe Indesign kalian tinggal geser untuk menentukan satuan cornernya. Dan ada beberapa option tambahan seperti:

  • Tekan Shift + Salah Drag Kotak kuning : akan merubah sudut tertentu saja sesuai lokasi kotak kuningnya
  • Alt + Klik pada kotak kuning : akan merubah jenis sudutnya menjadi Fancy, Bevel, Inset, Inverse Rounded ataupun Rounded.

Pada contoh saya membuat object menjadi seperti berikut:

Mengenal Live Corner di Adobe InDesign

Gimana mudah bukan untuk Mengenal Live Corner di Adobe InDesign dengan cepat dan singkat?

Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More