Mengenal Lebih Jauh Tentang Perusahaan Startup

02/03/2017    Reza Indra    1086     Teknologi

Sebelum kita membahas bagaimana membangun startup, kita harus memahami dulu apa itu startup. Startup sendiri sebenarnya istilah baru yang mengacu pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang teknologi internet, atau biasa juga disebut perusahaan dot-com. Nah, Istilah startup ini mulai muncul sekitar akhir 90-an, seiring dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang tumbuh saat itu dengan memanfaatkan teknologi internet, sebut saja yahoo, google, amazon dan facebook yang muncul di akhir 90 sampai 2000 awal. Sampai saat ini perusahaan startup terus tumbuh di berbagai negara termasuk indonesia.

Selain mengacu pada perusahaan internet, istilah startup juga mengacu pada perusahaan yang baru didirikan, perusahaan yang masih dalam fase pengembangan dan mencari model bisnis yang tepat. Perusahaan startup umumnya masih lemah dalam hal finansial serta rentan terjadinya kegagalan dalam menjalankan ide bisnis, untuk itu umumnya para pendiri stratup ini belomba-lomba mencari dana dari para investor agar dapat menunjang ide bisnis mereka.

Kalau di Silicon Valley, Amerika Serikat, tempat bernaungnya banyak startup, biasanya diadakan suatu event setiap 1 bulan, dimana para pendiri startup dan para investor berkumpul bersama-sama dalam satu tempat. Nah, disitu adalah peluang bagi para pemilik startup untuk mempresentasikan produk, ide bisnis serta kelebihan mereka, sehingga menarik para investor untuk mengucurkan dana. Startup yang terpilih, selain akan diberikan dana, umumnya juga akan dibina oleh lembaga yang sudah profesional dalam membangun perusahaan.

Lembaga yang biasa mengucurkan dana dan membina startup ini dinamakan “Venture Capital” atau dalam bahasa indonesianya “modal usaha”. Dalam lembaga atau perusahaan Venture Capital ini akan ada banyak investor-investor atau orang-orang yang menanamkan modal mereka. Nantinya si Venture Capital lah yang akan mengelolanya dan menentukan startup mana yang layak untuk diberi modal dan juga dibina.

Untuk di indonesia sendiri, saya rasa sudah mulai diadakan event yang mempertemukan startup dengan para invesrtor beberapa tahun terakhir, dimana menteri Komunikasi dan Informatika mencanangkan program 1000 startup dan beberap kali sudah dilakukan seleksi besar-besaran di seluruh wilayah indonesia.

Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More