Mengenal Lebih Jauh tentang GSAP

Membuat animasi menggunakan kode mungkin terkesan seperti mengintimidasi pada awalnya, tapi jangan khawatir, ada framework javascript yang bernama GreenSock Animation Platform (GSAP) yang memang diciptakan dengan sangat sederhana dan intuitif. Platform ini juga sangat dioptimalkan untuk kinerja dan fleksibilitas yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Apa sebenarnya GSAP itu?

GSAP adalah seperangkat alat untuk animasi scripting meliputi bagian-bagian berikut:

TweenLite: TweenLite adalah inti dari animasi GSAP, dimana TweenLit ini merupakan kumpulan fungsi dasar yang akan digunakan pada berbagai plugin yang tersedia dalam GSAP. Dengan menggunakan konsep DOM pada Javascript, TweenLite dapat memberikan animasi basic untuk menggerakkan objek

TweenMax: TweenMax adalah bagian GSAP yang lebih besar dari TweenLite, dimana TweenMax dapat melakukan segala hal yang bisa dilakukan TweenLite ditambah fungsi pengulangan seperti dalam fungsi animasi  yoyo, repeatDelay, dll. TweenMax sendiri juga memiliki CSSPlugin yang sudah menjadi bagiannya, jadi tidak perlu memuat banyak file.

TimelineLite: Alat bantu dalam menjalankan animasi dengan ringan, memungkinkan kita membuat sebuah animasi dan mengatur jalannya timeline dan alur animasi. Pada TimelineLite ini kita juga bisa membuat animasi dalam animasi, atau timeline bersarang yang bisa digunakan untuk membuat animasi terlihat lebih hidup.

TimelineMax: Memiliki fungsi utama yang sama seperti TimelineLite, hanya saja disini kita mendapatkan fungsionalitas yang lebih banyak dari TimelineLite, hanya saja terdapat fungsi tambahan yang tidak terlalu memikat.

Jika kalian pelajari, masing-masing bagian diatas memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari mengolah HTML & CSS, Canvas, atau bahkan SVG. Dalam pembuatan animasi menggunakan kode javascript mungkin adalah aktivitas yang sangat membebani pada awalnya. Tapi jika kalian menggunakan GSAP, kalian bisa membuat banyak sekali animasi yang beragam.

Untuk kalian yang memimpikan website dengan animasi unik sebenarnya tidak perlu cemas lagi untuk belajar dengan susah payah, karena saat ini pada GSAP sudah diberikan banyak kemudahan dalam membuat aninmasi unik untuk website. Pada artikel yang akan datang kita akan mencoba membuat animasi menggunakan GSAP.

11 Juni 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat